Laporan : Agus/Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1442 H, Pemerintahan Desa Kertajaya Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, gelar berbagai kegiatan yang bernuasakan Islami, Rabu (19/08). Seperti diantaranya menggelar MTQ, Tahfidz Quran, Hifdil Quran, Pildacil, Qasidah, hadroh, marawis, Pawai Ta’Aruf dan puncak acara ditutup dengan Tablig Akbar dengan mengundang dai ternama di Kabupaten Cianjur.

Kepala Desa Kertajaya Sunandar (46)  menjelaskan, dilaksankannya berbagai kegiatan yang bernuansakan Islami tersebut, untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah. Selain itu, juga dilakukan perlombaan yang bersifat membangun. Seperti lomba kebersihan lingkungan, keterampilan, membuat nasi tumpeng juga tidak ketinggalan lomba edukasi untuk pelajar Paud/TK, SD dan SMP.

Semua kegiatan tersebut, lanjut Sunandar, dilakukan tiap tahun. Tepatnya saat menjelang pergantian tahun baru Islam 1 Muharam dan menjelang HUT RI. Untuk tahun sekarang acaranya disatukan hingga terlihat meriah karena antusias masyarakat cukup tinggi. Hingga saat melaksanakan pawai taarup cukup membeludak dan semarak. Puluhan kendaraan mobil dan ratusan motor ikut turun kejalan mengelilingi Desa Kertajaya.

Melihat hal tersebut, Sunandar mengatakan, merasa bangga dan terharu. Untuk itu, Sunandar mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah ikut menyukseskan acara tahunan tersebut. “ Hingga acara demi acara dapat terlaksana dengan meriah, tertib, lancar dan aman,” kata Sunandar.  

Sementara itu, Panitia Pelaksana Kegiatan, Apay Saepudin menambahkan, seluruh kegiatan lomba dimulai pada Minggu (16/08). Sedangan MTQ dan pawai Taaruf pada Rabu 19/08. Pada malam  puncak acara pembagian hadiah, piala dan ditutup dengan tablig akbar dengan mengundang 3 orang dai ternama di Kabupaten Cianjur.

Apay menegaskan, acara itu digelar tiada lain untuk mengingatkan kita sebagai umat Islam  mempunyai tahun Islam yang disebut Tahun Hijriah. Sekaligus untuk mengingatkan pada generasi penerus agar mereka lebih mengetahui tentang ajaran Islam.

“ Selain itu juga sebagai ukuwah Islamiyah, ajang silaturahmi sesama muslim. semoga kedepannya acara ini bisa digelar dengan lebih menarik dan lebih meriah lagi,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here