Laporan: Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com – Sam Apip salah seorang jurnalis yang juga anggota PWI Cianjur, warga Kampung Bedahan RW 10 Desa Mekargalih Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Ia selain aktif menulis berita juga dipercaya warga menjadi tukang potong hewan sapi, domba dan kambing.

Seperti halnya, pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Sam Apip dipercaya tetangganya untuk memotong hewan qurban sapi. Keahlian memotong hewan tersebut, konon katanya berguru pada orang tuanya beberapa puluh tahun yang lalu.

Tokoh masyarakat Kampung Bedahan RW 08 Desa Mekargalih Agus Sudrajat, S.Pd P. M.Pd mengatakan, mulanya Sam Apip diketahui pandai memotong hewan itu, ketika motong domba. Dagingnya tidak bau bomba. Hingga akhirnya, Apip sering dipanggil untuk motong hewan termasuk motong hewan Qurban Sapi, Domba dan kambing. Seperti sekarang.motong hewan qurban Sapi.

Dikenal dari mulut ke mulut, akhirnya nama Sam Apip kesohor. Selain seorang jurnalis juga seorang tukang potong hewan qurban. “Sam Apip kesohor motong domba sebab daging domba yang dipotonya tidak bau,” ujar Agus.

Karena itu, Sam Apip tiap tahun dipercaya wargauntuk menjadi tukang jagal hewan qurban. Tidak hanya saat musim qurban saja, ketika masyarakat membutuhkannya maka dipanggilnya untuk menjadi jagal hewan.

Sementara itu, Sam Apip mengatakan, pengalaman motong hewan terbilang sudah cukup lama. Namun baru – baru ini diketahui banyak warga dan belajar motong hewan itu sejak Sam Apip usia menginjak dewasa telah berguru pada orang tua sendiri.

Hingga sekarang dipercaya warga setempat untuk motong hewan qurban atau motong hewan ketika warga mau melaksankan hajatan. ” Bisa motong hewan sudah cukup lama, namun sekitar 5 tahun kebelakang baru diketahui masyarakat,” jelas Sam Apip.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here