Gong raksasa ini adalah gong sebagai simbol perdamaian dunia yang disimpan di Situs Ciung Wanara Ciamis Jawa Barat

Laporan : Yatiman

Ciamis, metropuncaknews.com – Gong Perdamaian Dunia dengan ukuran besar dan berhiaskan ratusan bendera negara yang tergabung di Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), Gong simbol perdamaian dunia ini memiliki diameter sekitar 3,33 meter.

Gong raksasa ini, kini berada di wilayah Kaupaten Ciamis Jawa Barat. Tepatnya di lokasi Situs  Budaya Ciung Wanara Karang Kamulyan Desa Karang Kamulyan Kec. Cijeungjing Kab. Ciamis.

Salah seorang pengelola  Situs  Budaya Ciung Wanara, Agus Abdul Haris, saat ditemui metropuncaknews.com, Jumat (27/04) mengatakan, gong perdamaian diresmikan pada tahun 2009. Gong tersebut ditetapkan sebagai simbol perdamaian dunia atas kesepakatan duta besar perwakilan dari negara yang tergabung di PBB.

Konon katanya, gong tersebut mempunyai arti Galuh atau Kerajaan.  Tetapi dibalik itu, Galuh mempunyai makna lain. Yaitu ajaran, permata atau hati nurani. Sebab hati nurani tidak akan bisa berbohong. Karena itu,  untuk mencapai perdamaian hanya bisa dengan kebaikan dan hati nurani. Maka baru  akan tercapai perdamaian dan itu tidak hanya di Ciamis saja, tapi di seluruh dunia.

Selain ada gong perdamaian, di dalam situs tersebut terdapat juga situs-situs lainnya peninggalan Kerajaan Galuh serta peninggalan kerajaan lainnya.

Area seluas 25 Ha tersebut, juga dijadikan hutan kota yang masih banyak faunanya. Diantaranya kera yang menggambarkan keasrian alam serta fauna yang terus dijaga dan dilestarikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here