Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Adalah Mak Nur (75), seorang lansia warga Kampung Sukawarna, RT02/RW09, Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang. Ia tinggal di rumah tidak layak huni (Rutilahu) dan kini bisa tersenyum pasalnya, rutilahu miliknya mendapat bantuan pembangunan dari pemerintah.

Kepada wartawan, kader PKK Desa Sarampad Nuril, mengatakan bahwa Mak Nur tinggal di rutilahunya sendirian. Apalagi saat ini, ia sedang sakit karena sudah tua.

“Mungkin karena usianya sudah lanjut, sehingga Mak Nur sering sakit-sakitan dan saat ini pun tidak ada di tempat, ia tinggal bersama anaknya di Pasirhayam,” kata Nuril saat ditemui di lokasi peletakan batu pertama, Kamis 5 Januari 2022.

Ia melanjutkan, Mak Nur sudah tidak bisa kemana-mana, jangankan untuk bekerja mencari nafkah, untuk mengurus diri sendiri saja mengandalkan anaknya yang tak jauh dari rumahnya.

“Betul, Mak Nur sudah tidak bisa bekerja karena sudah lansia, bahkan untuk makan minumnya saja di urus sama anaknya, ” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sarampad Ir. Asep Suardi membenarkan, bahwa kondisi rumah Mak Nur sudah tidak layak, ia juga sudah lansia tidak bisa bekerja dan tinggal di rumahnyapun sendiri.

“Menyikapi kondisi Mak Nur serta warga lainnya yang mendapat bantuan pembangunan rutilahu, pihak desa sudah mengajukan pembangunan rumah dan mudah-mudahan bisa bermanfaat. Nah, pada hari ini, selain mendapat bantuan rutilahu, para KPM juga mendapat bantuan sembako,” kata Asep.

Terpisah, Camat Cugenang Komariah S.Ip, M.Ap, menyampaikan, pembangunan yang bersumber dari program Bantuan Provinsi ini juga dinilai tepat sasaran, karena melihat tempat tinggal penerima manfaat yang dinilai dapat membahayakan keselamatan penghuninya.

“Salah satu penerima manfaat di Desa Sarampad ini bernama Mak Nur yang memang kondisi rumahnya dianggap bisa membahayakan keselamatan. Karena rumahnya memang sudah tidak layak,” kata Camat Cugenang.

Terkahir ia mengimbau, kepada semua pihak untuk dapat membantu menyelesaikan program ini dengan partisipasinya melalui gotong royong.

“Marilah kita tingkatkan semangat gotong royong untuk mensukseskan program rutilahu ini. Sehingga, program ini bermanfaat bagi penerimanya sebagai tempat tinggal atau hunian yang layak, ” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here