Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com, Angin kencang disetai hujan lebat memporak porandakan 42 bangunan rumah milik warga Desa Kertajaya Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Minggu (20/09) sekira pukul 14,00 WIB.

Salah satunya rumah panggung milik Yeni (45) warga Kp Pangarengan RT 02/02, Desa Kertajaya, selain sudah lapuk dimakan usia, gentingga berterbangan ditiup angin kencang. Yeni hanya pasrahmenerima keadaan, karena tak mampu memperbaikinya.

Untuk sementara, Yeni beserta 2 anaknya evakuasi ke rumah milik tetangganya Hj. Lilis Komariah. Karena rumah Yeni takut ambruk pada malam hari.

Pemilik rumah reyot Yeni (45) menjelaskan, ketika angin kencang tiba disertai hujan, Ia bersama 2 anaknya berada di dalam rumah. Yeni tak berani keluar rumah karena takut gemuruh suara angin dan hujan.

Disela ketakutan terdengar suara genting berterbangan juga berjatuhan. Air hujan masuk kedalam rumah. Tanpa basa basi, Yeni berserta anaknya langsung keluar berhamburan menuju rumah bu Hj. Lilis Komariah untuk berlindung, karena takut rumahnya ambruk.

“ Atap rumah gentingnya habis tertiup angin, kini belum diperbaiki karena tak ada yang membetulkannya, sebab saya  sudah punya  suami. Untuk sementara saya bersama anak-anak kan ikut tinggal di rumah milik bu Hj. Lilis,” tutur Yeni dengan wajah sendu.  

Sementara itu, Sekdes Kertajaya Arip (45) mengatakan, dengan adanya bencana alam tersebut, memporakporandakan 52 unit bangunan rumah milik warga Kampung Cibolang, Pasir Panjang, Babakan Curug, Kanayakan, Pangarengan, Mekarsari, Sukasirna, Leuweung lame dan Kampung Tegal Tengah.

“ Sebanyak 10 unit rumah rusak berat dan 42 tergolong rusak ringan dan hasil pendataan tersebut telah dilaporkan ke Pemkab Cianjur menalui Kecamatan Ciranjang,” ujar Arip.

Mengenai rumah milik Yeni, bila dikategorikan dampak angin kencang, itu tergolong rusak ringan. Namun  tercatat sebagai rumah tidak layak huni dan ditambah terkena bencan angin. Hingga kondisi rumahnya terlihat miring.

“ Karena itu, rumah Yeni dimasukan pada katagori rusak berat, semoga saja rumah Yeni dan rumah reyot lainya segera mendpat bantuan supaya segera dibangun,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here