Upaya pemadaman api oleh petugas da masyarakat terhadap rumah Umi

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Rumah panggung ukuran 10 X 5 meter, milik Umi Tini (45) warga Kampung Rawa Sadang,  RT 02/08, Desa Panyusuhan, Kecamatan Sukaluyu, Cianjur, Sabtu (29/9) lalu. sekira pukul 08,00,Wib ludes jadi abu terbakar api.

Informasi yang dapat dihimpun, terbakarnya rumah pangung tersebut, titik api diduga berawal dari konsleting listrik.  Api menyala berawal dari bawah kamar depan rumah. Kemudian menjalar dengan cepat kebagian tengah rumah. Hanya dalam waktu 15 menit kobaran api mampu menghabiskan bangunan rumah beserta isinya.

,” Kobaran api terlihat dari kamar depan yang menjalar dengan cepat keseluruh bangunan rumah, berteriak minta tolong terus dilakukan hingga tetangga dan warga lain datang untuk menolong, tapi karena kesulitan, air, api membesar dan menjalar dengan cepat, hanya sekitar 15 menit bangunan rumah sudah ludes jadi abu,” kata warga sekitar pada awak media.

Selain bangunan rumah yang ludes barangdan surat berharga pun ikut ludes. Seperti halnya,  BPKB, STNK motor Blead F. 6118 .XK, STNK motor  Revo F.4063.XR,  akte, ijazah, blangko dan surat penting lainnya. Selain itu yang ikut terbakar adalah 4 buah HP, uang tunai Rp.2.500.000 dan jumlah kerugian materil, diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

“ Tak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Hanya menderita kerugian materi. Sementara 7 orang penghuni rumah dievakuasi ke rumah milik tetangganya yang tak jauh dari rumah yang terbakar,” ucap Dendi (45) warga setempat.

Sementara itu, Camat Sukaluyu Agus Supriadi menjelaskan, dengan terjadinya kebakran rumah milik Umi Tini juga sebagai Paraji warga Desa Panyusuhan, pihaknya ikut prihatin. Karena, bangunan rumah beserta isinya ludes rata dengan tanah.

Sehubungan dengan hal tersebut, pihaknya bersam Kapolsek,  Kanit Ik Sek, Kanit Binmas, Kasi Trantib, Kades Panyusuhan dan Ketua MUI Kec Sukaluyuru, melawatnya ketempat kejadian kebakaran rumah. Kebakaran  tersebut telah dilaporkan pada Pemkab  melalui BPBD Cianjur.

“ Selain itu, kami pun mengajak pada para dermawan untuk memberikan bantuan pada korban bencana kebakaran rumah, kelaurga Umi Tini,” ucap Agus pada wartawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here