Kades Cipeuyeum beserta stafnya datang melihat kondisi rumah warganya yang ambruk diterjang angin

Laporan : Agus

Cianjur, metropuncaknews.com – Rumah dengan ukuran 9X7 meter yang sudah lapuk, milik mantan Kesra Desa Cipeuyeum yang terletak di Kp. Mareleng RT 01/02 Desa Cipeuyeum Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, dindingnya jebol alias ambruk diterjang angin, Senin (24/9), sekira pukul 03:25 WIB. Beruntung, pada kejadian nahas tersebut tidak ada korban jiwa.

Mak Kokom (70) yang punya rumah mengatakan, saat itu dirinya sedang tertidur tpulas di kamarnya. Tiba tiba dinding kamarnya ambruk diterjang angin. Untung saja ambruknya ke arah luar kamar. “Jika ambruknya ke dalam mungkin saya kena reruntuhan tembok itu,” kata Mak Kokom dengan wajah yang masih diputi rasa ketakutan.

Diakui Mak Kokom. Bangunan rumahnya memang sudah lapuk dimakan usia. Rumahnya itu dibangun sekitar tahun 80 an. Saat itu, suami Mak Kokom masih ada.

Menurut Mak Kokom, sebenarnya sudah banyak yang harus diperbaiki atau diganti. Namun karena keadaan, jangankan untuk memperbaiki rumah, bisa makan pin sudah bagus. Karena itu, Mak Kokom berharap, ada pihak yang mau membantu untuk merenovasi rumahnya.  “ Saya ucapkan terima kasih banyak pada Pak Kades Cipeuyeum juga warga yang telah langsung datang untuk melihat keadaan saya juga langsung memberikan bantuan untuk memperbaiki dinding yang roboh,” ucap dia.

Sementara Kepala Desa Cipeuyeum Gugun Gunawan mengatakan, saat dirinya mendengar kabar ada rumah warganya yang ambruk, pihaknya beserta kepala dusun juga Poldes langsung mendatangi tempat kejadian. Setelah itu pihaknya berusaha untuk mengadakan bahan-bahan yang diperlukan untuk memperbaiki dinding dan bersyukur warga banyak yang turun membantu pengerjaan tersebut.

Gugun menambahkan, pihaknya berharap program Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU) atau Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) segera terealisasi. “ Karenana ada lebih dari 50 rumah yang ada di wilayah Desa Cipeuyeum yang kondisinya masuk pada kategori tidak layak huni,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here