Ruas Jalan Desa Di Kecamatan Takokak Nyaris Putus Akibat Longsor

0
79

Laporan: Iriyanto

Editor : YH

Cianjur, metropuncaknews.com – Ruas jalan desa di Kampung Hegarmanah RT 03/07 Desa Bungbangsari Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur, Minggu (26 /06/22) sekitar pukul 17.00 WIB, longsor nyari putus.

Terjadinya longsor di ruas jalan penghubung antara 3 desa diantaranya, Desa Bungbangsari, Simpang dan Desa Sindanghayu, itu diakibatkan di wilayah Kecamatan Takokak dan sekitarnya diguyur hujan deras dan cukup lebat, kejadian tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa, hanya warga sekitar bila menggunakan jalan tersebut harus ekstra hati-hati dan tidak bisa dilewati mobil.

Korcam Retana Kecamatan Takokak Hamid Arif (42) menerangkan, mengetahui terjadinya ruas jalan desa longsor di Kampung Hegarmanah Desa Bungbangsari, itu berkat adanya informasi dari Retana Desa setempat. Karena sebelum terjadinya longsor, di kawasan Takokak diguyur hujan lebat yang lumayan cukup lama.

Longsornya tebing ruas jalan tersebut, kurang lebih selebar 12 meter dengan kedalaman 17 meter dan separuh ruas jalan terbawa longsor, hingga akses jalan itu tidak bisa dilewati mobil dan bila menggunakan motor harus extra hati hati.

Kejadian longsor tersebut, langsung dilaporkan pada BPBD, Damkar dan dinas terkait melalui Desa Bungbangsari dan melalui pihak Kecamatan Takokak, semoga bahan laporan tersebut untuk menjadi bahan kajian seterusnya, ucapnya.

Sementara itu, Kasi Rehabilitasi BPBD Kabupaten Cianjur Mumuh Parhamubin menambahkan, memang benar adanya bahwa ruas jalan desa yang merupakan jalan penghubung Bunbangsari, Simpang dan Desa Sindanghayu, pada pukul 17.00 WIB longsor hingga bahu jalan amblas/longsor.

Maka dengan itu pihaknya bersama rekan langsung meluncur ke tempat terjadinya longsor, karena selain melihat kondisi jalan juga sekaligus meninjau pemerintahan Kepala Desa Bungbangsari, karena memperbaiki jalan longsor, harus diperbaiki dengan bronjong batu dan dibangunkan Tembok Penyangga Tanah (TPT) di pinggiran jalan yang longsor, pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here