Gedung pelayanan Puskesmas Sukanagalih yang tengah dipigar

Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Saat ini tengah berlangsung rehab total bangunan atau gedung pelayanan Puskesmas Sukanagalih, Kecamatan Pacet Cianjur. Untuk sementara pelayanan pasien, dipindahkan ke gedung yang tak jauh dari lokasi pembangunan.

Menurut Kepala Puskesmas Sukanagalih Agus Suhendar, Rabu, (14/8) kemarin, perpindahan tersebut akan berlangsung selama masa proyek rehab berjalan.

” Ya, hingga saat ini perpindahan sementara ruang pelayanan, baru berjalan dua minggu, lokasinya pun tak begitu jauh, dari Puskesmas yang kini tengah dibangun ke lokasi saat ini, paling juga hanya 200 meter. Dari perpindahan ruang pelayanan tersebut, tidak berdampak apapun, sehingga pelayanan pasien yang datang pun masih stabil,” tuturnya. ‘Artinya tidak ada kendala pasca pindahnya ruang pelayanan’.

Lanjutnya, sebelum dilakukan perpindahan pelayanan, pihak Puskesmas memang sudah melakukan sosialisasi. Baik melalui grup WhatsApp, maupun melalui pengumuman-pengumuman pada kegiatan desa. Pihaknya berharap, setelah ada sosialisasi itu, masyarakat tidak kebingungan, ketika hendak berobat ke Puskesmas.

” Mulanya, memang masih ada beberapa calon pasien yang kebingungan, tapi di bangunan yang sedang dirombak pun, sudah ada petugas yang membantu mengarahkan pasien ke gedung pelayanan sementara ini,” terangnya.

Informasi yang diterima dari pihak Puskesmas, anggaran untuk perombakan gedung tersebut bernilai Rp. 2 Milyar lebih. Dana tersebut, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan RI, yang dikerjakan oleh vendor atau pihak ketiga.

Dalam hal ini, pihak Puskesmas hanya sebagai penerima manfaatnya atau user saja. Pasalnya pembangunan tersebut diberikan anggaran langsung dari pusat, yang didukung sepenuhnya oleh pemerintah Kabupaten Cianjur.

” Memang secara pengerjaan dilakukan oleh pihak ketiga, yang telah menang tender lelang dari kementerian kesehatan. Dan pembangunan ini pun telah disesuaikan Peraturan Mentri Kesehatan (PMK) no 75 tahun 2014, tentang pembangunan puskesmas,” tuturnya.

Lebih jauh lagi Agus menerangkan, yang sedang dibangun saat ini adalah ruang laboratorium, gudang yang layak, ruangan umum dan ruang pertemuan.

” Pihak Puskesmas beserta seluruh warga Sukanagalih, mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah daerah dan PLT Bupati Cianjur. Mudah-mudahan, apa yang diharapkan bisa terealisasi. Dan kami berharap di tahun 2020 mendatang, akreditasi puskesmas bisa meningkat, menjadi strata utama,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here