Masjid Asy-Syfa RSUD Cianjur

Liputan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Rohaniawan islam (Rohis) RSUD kelas B Sayang Cianjur, secara rutin mengadakan kegiatan kuliah tujuh menit (kultum). Kegiatan tersebut dilakukan di  Masjid Asy-Syfa RSUD Cianjur, Jum’at (29/6). Kegiatan Kultum tersebut sudah berjalan hampir selama 16 tahun.

Kegiatan Kultum itu diselenggarakan, berawal dari keseriusan tim Rohis yang peduli kepada para penunggu pasien di rumah sakit. Tidak dapat dipungkiri, perasaan gundah gulana mereka rasakan saat menjaga sanak saudaranya yang sakit.

Untuk keperluan medis itu bagian dokter, perawatan dan kesekretariatan di rumah sakit. Sementara untuk para penunggu pasien diarahkan ke sisi religinya berupa nasehat dari tim Rohis.

” Soal medis itu bagian rumah sakit,  ada dokter, perawat dan kesekretariatan rumah sakit. Sedangkan kami sebagai tim Rohis berusaha merangkul para keluarga (penunggu) orang yang sakit, dengan harapan mereka bisa sedikit tenang dan sabar saat menyikapi sanak saudaranya yang sedang sakit,” kata Ustad H. Yana Muhibudin saat ditemui seusai Kultum.

Adapun yang dilakukan tim Rohis, hampir setiap selesai shalat berjamaah lima waktu. Tim Rohis selalu mengadakan Kultum berupa nasehat, yang paling banyak jamaah biasanya waktu dzuhur.

“ Selain itu juga kami punya jadwalkan tadarus Al-Qur’an dan untuk tempatnya di masjid Asy-syfa RSUD Sayang Cianjur,” jelas H. Yana.

Ditemui di tempat yang berbeda, Ramdan (42) keluarga pasien mengatakan, ia sangat antusias mengikuti kegiatan Kultum dan mengaji. “ Untuk saya pribadi dengan adanya kegiatan tersebut membuat saya merasa banyak saudara,” kata Ramdan.

Apa yang dikatakan Ramdan itu diamini Ahmad Sadili (39) dari Cianjur Selatan yang sedang menunggu keluarganya dirawat. ” Betul pak, saya dari Cianjur Selatan jauh dari sanak saudara, dengan adanya pengajian sekaligus tempat bertukar pikiran, saya tidak merasa sendiri disini,” kata Ahmad Sadili.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here