Laporan : Djaka Kumara

Yogyakarta, metropuncaknews.com – RSPAU dr. S. Hardjolukito,  bekerja sama dengan IKATA (Ikatan Alumni Tambang UPN “Veteran” Yogyakarta) dan Klinik Saruni Banten menggelar bakti sosial berupa operasi katarak. Kegiatan tersebut digelar dalam rangkaian Hari Ulang Tahunnya ke-6, tepatnya 22 Oktober yang lalu. Operasi Katarak Gratis itu dilaksanakan di Departemen Mata RSPAU dr. S. Hardjolukito, Minggu, (11/11).

Dr Eliza, M. S.PM selaku koordinitor acara mengatakan, operasi Katarak merupakan kondisi medis yang kerap terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Operasi katarak diperlukan jika kondisi katarak sudah mengganggu fungsi penglihatan secara signifikan dan mempengaruhi kualitas hidup penderitanya.

Pada kegiatan tersebut, kurang lebih sebanyak 150 pasien yang mengalami gangguan katarak mengikuti operasi tersebut. Selain itu, sampai saat ini operasi katarak masih menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Namun, dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, maka operasi katarak tidak lagi menakutkan.

Menurutnya RSPAU dr. S. Hardjolukito kini memiliki Departemen Mata dengan peralatan modern, terbaru dan didukung dengan sistem pelayanan “one stop eye service”. “ Sehingga mampu melaksanakan kegiatan operasi katarak secara cepat, mudah dan aman.” papar Dr. Elisa.

Sementara Kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito Marsekal Pertama TNI Dr. dr. Iswidiranto Iskanto, M. Sc., Sp. BS (K)., Sp. KP. Mengatakan, tujuan dari kegiatan bakti sosial tersebut, selain sebagai wujud dari kepedulian dan rasa kemanusiaan terhadap sesama, RSPAU juga ingin memberikan kontribusi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat umum. Sebagai bentuk pengabdian TNI AU dalam operasi militer selain perang di wilayah Jawa tengah dan Yogyakarta, ditengah kuota pembatasan jumlah operasi katarak yang ditentukan oleh BPJS kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here