Pawai Obor digelar warga Ciranjang dalam menyambut Tahun Baru Islam

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Ribuan warga Desa Ciranjang, Kecamatan Ciranjang, Cianjur, pada malam tahun baru Hijriah 1440 H, gelar pawai obor sejauh kurang lebih 5 KM. Ada pun rutenya mulai dari halaman  mesjid besar Al-Musyaadah Ciranjang, menuju Pasir Kawung, Sindangreret, Pasir jengkol, Pasir Radu, Babakan, Pasir Cempa, Sukasari, Cijeler,  Cibogo, Cibiuk, Hegarmanah, Curug, Pakemitan dan finis di tempat semula start, Selasa (09/09) sekira pukul 20,00 WIB,

Berdasarkan pantauan awak media, ribuan warga yang ikut pawai obor itu tidak hanya warga Desa Ciranjang saja, tapi ada juga dari luar Desa Ciranjang. Seperti warga dari Desa Cibiuk, Mekargalih dan Nanggalamekar. Mereka ikut bergabung melaksanakan pawai obor ditambah pawai bedug. Demi lancarnya arus lalulintas di jalan raya Cianjur-Bandung, pawai obor tersebut  dikawal anggota Polsek dan Koramil Ciranjang.

Suara takbir, tahmid, tahlil dan syalawat atas Nabi Muhammad SAW, terus berkumandang selama dalam perjalanan pawai obor tersebut. Mayarakat sepanjang rute pawai, menyambut antusias pawai obor.

Kepala Desa Ciranjang, H Deden Efendi menjelaskan, pawai obor menyambut tahun baru hinriah 1440 H itu, dilaksnakan tiap tahun. Namun tahun sekarang ini bisa dikatakan lebih meriah. Karena hampir dari seluruh ke RW-an yang ada di Desa Ciranjag mengirimkan pasukan pawai obor berikut pasukan dulagnya.

Tentu saja hal itu, berkat kepiawaian pihak panitia penyelenggra, para tokoh masyarakat, para Ketua RT/RW,  Karang Taruna dan masyarakat itu sendiri. “ Kami  mengharapkan pada tahun depan acara ini lebih baik dibanding tahum sebumnya,” ucap Deden.

Sementara itu, salah seorang anggota panitia, Dedi Supardi menambahkan, digelarnya pawai obor dan bedug memeriahkan tahun baru Hijriah, itu tidak hanya warga Desa Ciranjang saja. Warga dari luar desa pun banyak yang bergabung. Hingga acara pawai obor dan bedug semakin semarak, meriah dan sukses.

Atas partisipasinya itu, Dedi mengucapkan terima kasih pada seluruh elemen masyarakat. Khususnya pada jajaran Polsek, Koramil, Kecamatan dan jajaran MUI Kecamatan Ciranjang yang telah itut andil dalam acara pawai obor dan bedug. “ Pada, pagi harinya akan dilaksanakan pawai kendaraan motor dan mobil hias sejauh 7 KM,” kata Dedi pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here