Para santri dan masyarakat menyambut antusias acara Gebyar 1 Muharam & Temu Santri yang digelar di lapangan sepak bola Desa Kertamukti

Laporan : Iriyanto

Cianjur metropuncaknew.com – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H, Pemeirntahan Desa Kertamukti Kecamatan Haurwangi Cianjur Jawa Barat, menggelar acara Gebyar 1 Muharam 1440 H dan Temu Santri. Acara tersebut diselenggarakan di lapang sepak bolla Desa Kertamukti, pada Senin malam (10/9).

Kegiatan tersebut nampaknya mendapat sambuatan antusias masyarakat. Terbukti 4 (empat)  ribu peserta mengikuti acara dengan penuh rasa suka cita. Bahkan, masyarakat dari luar Kecamatan Haurwangi pun berdatangan untuk memeriahkan acara Gebyar 1 Muharam 1440 H dan Temu Santri.

Pada acara tersebut, Ustadz Nuh Aljabbar mengatakan, inti dari peringatan ini adalah memaknai hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Sekaligus untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta mengimplementasikannya dengan menebar Rahmat bagi semesta alam.

Ustadz Nuh Aljabbar berharap, peringatan Tahun Baru Islam ini mampu menjadi motivasi bagi umat untuk membentuk mental, akhlaq dan kepribadian serta keimanan yang kokoh dalam menghadapi tantangan pembangunan daerah di masa mendatang.

“ Umat Muslim harus menumbuhkan kesadaran dan semangat juang untuk selalu berupaya memperbaiki diri dan masyarakat sekitar dengan melakukan Amar Makruf Nahi Munkar sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW, pada peristiwa Hijrah dari Makkah ke Madinah,” tuturnya

Sementara itu, Camat Haurwangi Iwan Karyadi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi masyarakat atas antusiasnya menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H.

“ Ini sangat luar biasa, saya kaget melihat masa begitu besar serta antusias dalam menyambut hari 1 Muharam 1440 H, yaitu tahun baru Islam, dan temu santri ini, Tentunya ini sebagi bentuk pertanda masyarakat Kertamukti yang sangat kompak serta antusias memajukan daerah yang agamis,” jelas Iwan.

Selanjutnya Iwan berharap, tahun depan dapat bertemu lagi dengan tahun baru Islam. Tentunya dengan semangat dan antusias masyarakat Kertamukti jangan pernah luntur. “ Harus lebih meriah lagi kedepannya dalam menyambut tahun baru Islam,” harap Iwan.

Sementara Kepala Desa Kertamukti Cepi Agustina  mengatakan, mari momentum 1 Muharam kita jadikan momentum untuk behijrah dan berbenah. Berhijrah dari prilaku yang kurang baik menjadi baik, dan berbenah untuk menjadi manusia yang paripurna serta upaya untuk mencapai masyarakat yang baldatun toyibatun warobun gofur.

Karena itu, Kepala Desa Kertamukti mengajak seluruh kaum Muslimin untuk memulai Tahun Baru Hijriah ini dengan tekad dan semangat muhasabah menuju perbaikan diri dan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Cepi Agustina kembali mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk tidak gampang terpengaruh dengan isu-isu yang sengaja ditebar untuk memecah belah persatuan dan kesatuan di daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here