Laporan : Sandi/Dhanni

Cianjur, metropuncaknews.com – Ribuan buruh turun ke jalan/long march di jalan nasional mulai dari jalan raya Bandung menuju Istana Presiden Cipanas, Senin 23 November 2021. Aksi massa tersebut dilakukan tak lain untuk menuntut kenaikah upah kerja sebesar 10 persen.

Berdasarkan pantauan dilapangan aksi massa buruh pabrik itu dibagi menjadi dua lokasi, yakni di depan Pendopo Kabupaten Cianjur di Jl Siliwangi dan di depan Istana Presiden di Jl Nasional Cianjur-Puncak, awalnya.

Untuk massa yang melakukan aksi di Cianjur, berlangsung di pintu masuk/gerbang Pendopo Cianjur, namun massa yang melangsungkan aksinya di Cipanas hanya di lakukan di sekitaran Pacet. Artinya tidak sampai menggelar aksi di depan Istana Presiden Cipanas.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) SPN Kabupaten Cianjur, Hendra Malik menyampaikan, aksi long march yang dilakukan di jalur protokol Cipanas ini, menyusul ketidak jelasana rekomendasi dari Pemerintah Kabupaten Cianjur prihal tuntutan kenaikan UMK Cianjur di tahun 2022 sebesar 21 persen.

“Intinya, kami tetap meminta bahwa Bupati Cianjur agar segera mengeluarkan rekomendasi tersebut,” kata Dia.

Dia melanjutkan, dengan adanya kenaikan upah yang layak itu, artinya sudah mendekati/layak untuk memenuhi kebutuha para buruh yang ada di Kabupaten Cianjur.

“Ya, kendati hanya naik 21 persen tersebut, itu belum tentu bisa memenuhi para buruh sepenuhnya. Nah, dengan adanya upaya/perjuangan para buruh ini diharapkan bisa menggugah hati para pemangku kebijakan untuk memenuhi tuntutan buruh,” ujarnya.

Terakhir, dia menyampaikan aksi yang akan dilakukan para buruh itu, akan dilaksanakan selama tiga hari ke depan, terhitung mulai tanggal 23 sampai 25 November 2021.

“Aksi yang kami (Buruh) lakukan ini adalah salah satu bentuk kritik kepada para pemangku kebijakan, dengan harapan supaya bisa mendengarkan aspirasi para buruh ini,” jelasnya.

Sementara itu, massa yang melangsungkan aksinya di Pendopo Cianjur, selain menuntut kenaikan UMK, juga menuntut janji Bupati Cianjur pada saat kampanye tahun 2020 lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here