Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Pembangunan Rest Area Citarum Desa Haurwangi Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur yang pembangunan telah dimulai sejak 6 tahun yang silam. Namun hingga kini belum juga difungsikan. Apalagi saat ini, terhalang berbagai kendala. Salah satu diantaranya adalah datangnya Pandemi Covid 19.

Kini Rest Area Citarum yang berlokasi di perbatasan Cianjur – Kabupaten Bandung Barat (KBB), dikelola Bumdes Haurwangi, Kacamata Haurwangi. Menurut keterangan, dalam waktu dekat akan segera diresmikan dengan mengundang Forkompinda Cianjur.

Camat Haurwangi Iwan Karyadi SH mengatakan, memang benar dalam waktu dekat, tepatnya pada pertengahan Agustuh 2021, Rest Area Citarum akan diresmikan. Namun itu pun bila PPKM tidak tidak diperpanjang dan pandemi Covid 19 sudah membaik.

Meski demikian sambung Iwan Karyadi, persiapan sejak dari sekarang harus terus dilakukan. Karena masih banyak persoalan yang harus dibenahi. “ Baik fisik di dalam lingkungan Rest Area  maupun pembenahan personil para pedagang yang akan dipindahkan,” jelas Iwan Karyadi.

Sementara itu, Kepala Desa Haurwangi H. Dede Supyanudin, SH,MM menambahkankan, di dalam lingkungan Rest Area Citarum itu ada dua sarana. Yakni, sarana religi yaitu Mesjid Besar Kecamatan Haurwangi yang dikelola pihak MUI/DKM. Sedangkan  sarana area ekonomi seperti toko dan kios itu dikelola  Pokja Bersama 0811. Seluruhnya bermuara pada  Bumdes Haurwangi Kecamatan Haurwangi. 

Sehubungan dengan akan diresmikannya Rest Area tersebut, pihaknya sekarang sedang sibuk membenahi seluruh lingkungan Rest Area. Seperti membersihkan rumput, memperbaiki lampu taman, lampu tembak, tempat wudhu, toren air dan perbaikan sarana lainnya.

Selain itu, seluruh pedagang Cingcau dan pedagang lainnya yang tiap hari mangkal di trotoar, akan dimasukan berjualannya di lingkungan Rest Area. Tepatnya di tempat yang telah disediakan. “ Maka dengan adanya itu diharapkan pelaksanaan peresmian Rest Area terlaksana dengan tertib, aman dan lancar,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here