Pramuka Penggalang SDN Girijaya

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – SDN Girijaya Desa Jayagiri, Kecamatan  Sukanagara, Cianjur, dengan Gugus Depan (Gudep) 12058,  tergolong sekolah terpencil yang berlokasi di dibawah kaki Gunung Buleud. Sekolah yang satu ini memiliki jumlah peserta didik mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas VI sebanyak 100 orang siswa.

Tentu saja hal tersebut, banyak dilirik sebelah mata oleh berbagai pihak.  Khususnya calon orang tua siswa yang mau menyekolahkan anaknya. Mereka jadi engan menyekolahkan putra-putrinya ke SDN Girijaya.

Tapi hal tersebut tak menyurutkan Kepala Sekolah, seluruh guru, jajaran Komite sekolah untuk berkiprah di dunia pendidikan. Malah hal tersebut dijadikan pemicu untuk berjuang memajukan SDN Girijaya. Kepala sekolah dan para pendidik terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. Baik peningkatan di bidang studi pokok maupun bidang studi ektra kulikuler Pramuka.

Berkat kerja keras, kompak dan disiplin, akhirnya SDN Girijaya mampu memtik hasilnya. Yaitu Pramuka Penggalang mampu berpresati ditingkat Kabupaten Cianjur. Seperti haknya pada Lomba Tingkat (LT) III Pramuka Penggalang Tingkat Kabupaten Cianjur yang digelar di Mandala Kitri Cibodas, Cipanas, 6 – 9 Oktober 2018,  mampu merebut  berbagai kejuaraan.

Diantaranya mendapat juara 1 pada lomba Tata Kemah, Juara 1 pada lomba Kehidupan Berkemah, Juara 3 pada lomba Pionering dan Juara 3 pada lomba K3K. Seluruh kejuaran tersebut, diraih Pramuka Penggalang Regu Adelweis.  Tentu saja semua itu merupakan suatu kebanggaan bagi seluruh siswa, para pengawas pendidikan, kepala sekolah, guru dan para orang tua siswa.

Maka dengan diraihnya prestasi yang membanggakan itu, diharapkan kedepannya SDN Girijaya bisa dilirik seluruh masyarakat, pemerintahan desa, kecamatan, petugas pendidikan dan para calon orang tua siswa. “ Selain itu, SDN Girijaya kedepannya diharapkan mampu sejajar dengan SDN yang dianggap telah maju dan memiliki berprestasi di Kabupaten Cianjur,” ucap Ahmad Husen Pembina Pramuka Kecamatan Sukanagara.

Sementata itu, Kepala SDN Girijaya Lilis Nuryani menambahkan, sebelum mengikuti LT III di Mandala Kitri Cibodas Cipanas, jauh sebelumnya mengikuti seleksi lomba Pra LT III tingkat Kecamatan Sukanagara. Saat itu banyak mendapatakan prestasi juara 1, hingga berhak mengikuti ke LT III Cibodas, selama 4 hari dan bersyukur mampu mendapat prestasi yang cukup gemilang.

Ada pun prestasi yang berhasil diraih adalah juara 1 dua bidang lomba dan juara 3 dua bidang lomba. Itu semua merupakan suatu prestasi siswa itu sendiri, guru-guru pembina, Pembina Pramuka Kecamatan Sukanagara dan berkat dukungan dan bantuan para orang tua siswanya.

“ Kami berharap, kedepannya SDN Girijaya mampu berprestasi pada bidang studi pokok, seperti juara Mipa, Matematika, Bahasa Indonesia, Bindang Studi Agama, Olahraga dan prestasi bidang studi lainnya,” ujar Lilis Nuryani pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here