Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebanyak 350 orang pengurus dan anggota SPSI Kabupaten Cianjur,  melakukan unjukrasa (Unras) ke PT. QL Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur. Unras tersebut menuntut 3 hak karyawan dan karyawati, buruh kerja.

Setelah dilaksanakan audensi antara SPSI dengan pihak  PT. QL, ternyata 3 tuntutan tersebut dikabulkan pihak PT. QL. Hingga Unras berjalan lancar dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan semua pihak.

Ketua SPSI Kabupaten Cianjur Jojo menjelaskan, pihaknya melakukan Unras dengan membawa peserta sebanyak 350 orang. Tujuan menuntut hak para buruh kerja, karyawan dan karyawati PT. Ql itu sendiri.

Tuntutan tersebut diantaranya, meminta perjanjian kerja bersama yang dirundingkan antara Serikat Pekerja yang mayoritas dengan perusahaan. Meminta pada perusahaan agar iuran daripada anggota Serikat Pekerja, itu diperlukan melalui perbankan. Selain itu, salah seorang pekerja itu tolong dihilangkan. Maksudnya agar jangan sampai hal itu terjadi kembali.

Setelah dilakukan audensi, ternyata 3 tuntutan tersebut  dikabulkan dan akan dilaksanakan perusahaan. Untuk tindak lanjutnya dengan diturunkan pada kawan-kawan pengurus SPSI PT QL Agrofood untuk siapkan drafting PKB dan juga pengawalan yang dilakukan oleh semua anggota untuk pengawalan perundingan PKB nanti sebanyak 350 orang dari dari 4 perusahaan. Yaitu terutama QL, solidaritas PT Pou yuen Indonesia dan dari  PT Dalim Fideta Kornesia dan Hydro

Selain itu, pihaknya meminta kepada pihak perusahaan apabila tidak dilaksanakan perundingan itu. “ Secepatnya sesudah kita kirimkan rating PKB kita akan kembali lakukan mogok kerja PJTKI di Kabupaten Cianjur,” ucap Jojo.

Sementara itu, HRD PT. QL Haurwangi, ketika ditemui tidak bisa bersedia ditemui. Alasannya karena tidak ada janji sebelumnya.

” Mohon maaf pak Pak HRD PT. QL tidak bisa menemui Bapak soalnya tidak pernah ada janji sebelumnya,” Ucap Satibi (35) salah seorang Sekuriti PT QL.

Dilain pihak, Kabag Ops Polres Cianjur, AKP Muhammad Alan Haikal menjelaskan,  memang barusan telah digelar Unras oleh saudara kita dari SPSI dan aliansi buruh lainnya kurang lebih 350 orang, ke PT. QL Food Kecamatan  Haurwangi. Karena itu, pihaknya membawa pasukan pengamanan sebanyak 100 anggota.  .

“ Unras tersebut, berjalan dengan tertib aman dan lancar, hingga 3 tuntutan pengunjuk rasa dikabulkan. Yakni diantara  SKB yang diperjuangkan para pekerja buruh itu, diterima pihak PT. QL setelah itu seluruh pengunjukrasa bubar dengan sendirinya,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here