Laporan : Aep/Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebanyak 204 anggota Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak yang hadir dari berbagai pangkalan di lingkungan Kwarcab Kabupaten Cianjur, mengikuti Jambore On The Air (Jota) dan Jambore On The Internet (Joti) Jumat (16/10). Jambore tersebut akan diselenggarakan  selama 3 hari di Gedung Balai Kitri, Jl. Pramuka Karangtengah Cianjur.

Jambore Jota Joti tersebut, dibuka langsung Sekretaris  Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Cianjur, Nana Suryana, SH.MT. Nampak hadir pada kegiatan tersebut, Ketua ORARI Lokal Cianur, H. Rudy Syahdiar Hidayat, SH. – YC1CYI, Ketua ORARI Lokal Pacet, H. Zaid Salim – YC1DYN dan sejumlah undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Nana Suryana menjelaskan, kegiatan Jota Joti itu merupakan agenda tahunan Gerakan Pramuka Kwarcab  Cianjur yang direalisasikannya  tiap pekan ketiga Oktober, seperti sekarang.

Hal itu dilakukan tiada lain untuk menambah wawasan, pengetahuan, pengalaman para andika Pramuka penghalang dan  Pramuka penegak. Sebab komunikasi didalam gerakan paramuka itu merupakan hal penting. Karena identik dengan bahasa sandi dan isyarat.

Sekarang itu bukannya menghilangkan komunikasi dengan alat sandi seperti semapur, plewit dan alat komunikasi sandi lainnya. Tapi di era melenial perangkat komunikasi lebih canggih. Hingga para andika pramuka harus lebih paham komunisaki lewat udara dan jaringan Internet, Jota Joti.

Hingga dalam Jambore tersebut, menggunakan narasumber dari pihak ORARI Lokal Cianjur dan ORARI Lokal Pacet serta jajaran pengurus Kwarcab Cianjur. “ Untuk itu, kami ucapkan terima kasih pada jajaran pengurus dan anggota ORARI Lokal Cianjur dan Pacet, yang telah ikut andil menyukseskan kegiatan Jambore Jota Joti ini,” kata Nana Suryana.  

Sementara itu, Ketua panitia Jambore  Jota Joti, Irma Nurmayanti menambahkan, tema Jambore Jota Joti 2020, yaitu “Gerakan Pramuka sebagai pelopor kedisiplinan dan kepedulian Nasional di massa pandemi Covid-19”.

Hingga peserta Jambore Jota Joti Kwarcab Cianjur, itu semua merupakan utusan pangkalan dari Kwartir Ranting (Kwaran) se-Kwarcab Cianjur. Mereka terdiri dari  Pramuka Penggalang sebanyak 28 andika dan Pramuka Penegak sebanyak 176 andika

“ Mereka seluruhnya akan mengikuti Jambore Jota Joti selama tiga hari, dan peserta akan dibagi dua lokasi, yaitu di Sekretariat ORARI Lokal Cianjur, dan di Sekretariat ORARI Lokal Pacet,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here