nampak petugas sedang memberikan vaksin Difteri pada anak usia 1 sampai 18 tahun. Pemberian Vaksin ini digelar di Aula Desa Kertamukti

Laporan : Sam AS

Cianjur,metropuncaknews.com – Ratusan anak usia 1 sampai 19 tahun yang ada di Desa Kertamukti Kecamatan Haurwangi Cianjur, disuntik Vaksin Difteri. Pemberian vaksin ini dilakukan untuk mencegah anak terjangkit penyakit Difteri. Pemberian vaksin Difteri dilakukan di aula Desa Kertamukti oleh Tim Penggerak PKK bekerjasama dengan  Bidan Desa dan kader Posyandu, Kamis (12/4).

Saat pelaksanaan penuntikan vaksin digelar, nampak hadir Kepala Dinas KBPP Kabupaten Cianjur, Kepala UPTD KBPP Kecamatan Haurwangi, koordinator bidan desa dan beberaoa orang bidan selaku petugas vaksinasi.

Kepala UPTD KBPP Kecamatan Haurwangi, H. Ceceng menjelaskan, pemberian vaksin terhadap anak usia 1 sampai dengan 19 tahun itu, dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Mulai dari Posyandu ke Posyandu tiap desa, ke setiap PAUD/TK, SD, SMP dan SMA. Pemberian vaksin itu terus dilakukan bekerja sama dengan pihak Puskesmas Cipeuyeum.

Kegiatan vaksinasi Difteri sekarang ini, sasarannya khusus pada anak usia 1 sampai 10 tahun, yang rutin diperiksa di setiap Posyandu yang ada di Desa Kertamukti.

“ Kami ucapkan terima kzsih pada Kepala Dinas KBPP Kabupaten Cianjur, yang telah  hadir dan ikut memberikan vaksin Difteri juga pada jajaran Kesehatan dari Puskesmas Cipeuyeum yang setia setiap saat memberikan Vaksin Difteri,” Ucap Ceceng.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Kertamumti, Rina Agustina menambahkan, dilaksanakannya Vaksinasi Difteri secara serentak pada anak usia 1 sampai 19 tahun, sebanyak kurang lebih 400 orang di Desa Kertamukti. Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas KBPP Kabupaten Cianjur, H. E Sukaesih Karokaro beserta jajarannya dan dari jajaran Puskesmas Cipeuyeum.

“ Hal itu merupakan suatu kehormatan yang tak terhingga dan kebanggaan serta sekaligus menjadi motivasi untuk melaksanakan tugas sebagai TP PKK Desa Kertamukti,” tutur Rina.

Selanjutnya Rina berharap, dengan daksanakannya vaksinasi Difteri terhadap anak usia 1 sampai 19 tahun ini, akan mampu menekan angka terjadinya penaran penyakit Difteri yang sekarang ini dianggap membahayakan utuk kesehatan seluruh warga Desa Kertamukti dan diharapkan akan mampu pula meningkatkan derajat kesehatan  warga Desa Kertamukti. .

Rina mengatakan,  pemberian Vaksin Difteri harus tuntas  sampai  Oktober, 2018. Pemberian vaksin semuanya akan dilakukan sebanyak 3 kali. “ Kami berhatap. Semuanya itu dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditargetkan bersama,” ucap Rina Agustina pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here