Laporan : Sandi

Bandung, metropuncaknews.com – Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi, Panglima Kodam III/Siliwangi yang diwakili Kasdam dan Pemerintah Propinsi Jawa Barat diwakili Sekda Propinsi Jabar beserta seluruh stakeholder menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Operasional. Rakor tersebut digelar di Mapolda terkait operasional kesiapan Agenda Pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Jumat (13/12).

Menurut keterangan, Rakor tersebut tersebut merupakan koordinasi Lintas Sektoral tingkat pusat di Jakarta. Kegiatan itu dihadiri seluruh Forkominda seluruh Indonesia melalui Video Conference yang dipimpin Menkopolhukam RI Prof Machfud MD beserta Kapolri, Panglima TNI, dan Menteri Perhubungan RI serta kementerian dan stakeholder terkait lainnya.

Pada Rakor yang dilaksanakan di Mapolda Jabar tersebut, dihadiri Kapolda Jabar, Kasdam III/Siliwangi, Sekda Prov. Jabar. Wakapolda Jabar, Kabinda Jabar, As Ops Kasdam III/Siliwangi, PJU Polda Jabar, Kadis Bina Marga Prov. Jabar, Kadis Kesehatan Prov. Jabar, Kadis Pariwisata & Kebudayaan Prov. Jabar, Kepala BMKG Jabar, Kepala BPBD Jabar, Kepala Basarnas Jabar, Branch Marketing PT. Pertamina Jabar, Kepala PT. Jasa Marga Jabar, Kepala PT. Jasa Raharja Jabar dan Kepala Daops II Bandung.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Polisi Trunoyudo menjelaskan, kegiatan rapat koordinasi ini dilaksanakan guna memelihara keamanan dan ketertiban. Sekaligus memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat seluruhnya khususnya yang ada di wilayah hukum Polda Jabar.

Lebih lanjut Kombes Trunoyudo mengatakan, untuk suksesnya pengamanan Nataru, perlu dilaksanakan secara sinergi dan antisipasi hakekat kerawanan pada perayaan Natal 2019 dan menyambut tahun baru 2020. Untuk itu, seluruh stakeholder harus berperanaktif sesuai dengan peran dan tugas pokoknya masing-masing. Hingga menjadi kesatuan kesiapan dalam memberikan rasa aman, nyaman dan ketertiban pada masyarakat.

Sebelumnya pada waktu yang berbeda, tepatnya pada Kamis (5/12) di Mapolda Jabar, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs Rudy Sufahriady telah menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dengan Gubernur Jawa Barat, Pangdam III Siliwangi, Kabinda, Pengelola Jalan Tol Jasa Marga, PT Pertamina dan seluruh instansi terkait serta stakeholders. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka merencanakan Operasi Lilin Lodaya 2019 menjelang perayaan Natal 2019 dan pergantian tahun baru 2020.

Kombes Trunoyudo, juga menyampaikan kesiapan Polda Jabar dalam penyelenggaraan bidang Operasional dalam kegiatan manajerial operasional kepolisian. Yaitu sebutan Operasi Lilin Lodaya 2019, yang rencananya akan menggelar 18.330 Personel disemua titik kerawanan.

Hal itu dilakukan guna menciptakan Kamtibmas dan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat serta secara terukur dan profesional akan melakukan penindakan (penegakan hukum) pada setiap gangguan nyata

Dalam hal ini Polda Jabar dibantu dan bersinergi dengan kekuatan personel TNI, Pemda serta Mitra Polri lainnya sejumlah 9.229 personel

Rencana Operasi Lilin Lodaya 2019 akan dimulai sejak 21 Desember 2019 sampai 3 Januari 2020 untuk wilayah Jawa Barat. Sebelumnya nanti akan disampaikan dari Mabes Polri sebagai rujukan pelaksanaan Operasi Kepolisian tersebut dengan Sandi Operasi Lilin 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here