Suasana Rakor Kecamatan Haurwangi

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemerintahan Kecamatan Haurwangi, Cianjur, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor). Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Puskesmas Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi, Kamis 04/04.

Nampak hadir pada acara tersebut, pejabat Muspika Haurwangi, para  OPD Kecamatan, seluruh kepala desa, Ketua Ormas dan unsur masyarakat lainnya. 

Rakor yang dilaksanakan setiap bulan sekali itu banyak mengandung makna tersendiri. Selain itu. juga menambah wawasan, pengetahuan dan para petugas akan disiplin dalam melaksanakan berbagai tugas sehari-hari. Karena setiap Rakor membahas program kerja dan membahas cara melaksanakan kerja dengan baik dan benas sesuai tupoksinya masing- masing. Demikian dikatakan Camat Haurwangi, Iwan Karyadi, saat dihubungi awak media seusai Rakor di kantornya.

Lebih lanjut Iwan mengatakan, pelaksanaan Rakor Kecamata Haurwangi itu dilaksanakan tidak disatu tempat aja. Melainkan berpindah pindah tempat. Disesuiakan dengan kehendak peserta supaya tidak merasa jenuh. Seperti di aula desa, kecamatan, PGRI dan kadang digelar di tempat terbuka. “ Seperti saung sawah dan sekarang dilaksanakan di aula milik Puskesmas Cipeuyeum,” jelasnya.

Iwan juga mengatakan, dengan dilaksanaknnya Rakor secara berpindah tempat, selain mendapat suasana yang nyaman juga baru. Hingga seluruh peserta selalu kompak, antusias dan pelaksanaanya benar hidup. Karena peserta rakor banyak yang melontarkan pertanyaan dan saran pendapat demi kemajuan dan keberhasilan di tempat kerjanya masing-masing.

Inti melaksanakan rakor, lanjut Iwan, tiada lain membahas tentang evaluasi kinerja selama satu bulan. Termasuk membahas program kerja yang akan dilaksankan satu bulan kedepan, tiga bulanan dan program tahunan. Selain itu ditambah dengan program kerja yang sipatnya mendadak juga mendesak. 

“ Maka dengan itu, para OPD kecamatan dan pemerintahan desa di Kecamatan Haurwangi, kedepannya akan mampu melaksanakan tugas sesuai harapan semua pihak yang semuanya itu akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” ucap Iwan Karyadi. 

Sementara itu, Kepala Desa Mekarwangi, Cecep Surahman menambahkan, dilaksanakannya Rakor tiap bulan itu, intinya untuk evaluasi kinerja selama satu bulan. Sekaligus membahan program kerja bulan yang akan datang. Selain program yang sudah baku kadang ada pula program yang sipatnya mendadak juga penting, itu perlu direalisasikan dan dibahan terlebih dahulu. 

Seperti halya, Program BPJS diharapkan bisa merata di setiap desa. Supaya tidak adanya kesan cemburu sosial dari masyarakat kecil yang tidak masuk BPJS. “ Hingga pihak desa yang kena dampak negatifnya dari masyarakat,” ujar Cecep Surahman.

Selain itu diharapkan pada pihak PLN, jalur listrik yang ke Haurwangi jangan sering padam. Karena hal itu mengahmbat pada pekerjaan. Apalagi saat menghadapi kesibukan mengerjakan administrasi laporan kinerja yang sipatnya disegerakan. “ Juga  berkaitan dengan program kerja pembangunan yang akan diterapkan di setiap desa,” jelas Cecep Surahman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here