Laporan : Dadan Nahili

Sukabumi, metropuncaknews.com – Raja Maung adalah salah satu intrumens perjuangan terdepan dalam menghantarkan pasangan Drs H.Marwan Hamami dan Yos Somantri menjadi Bupati Sukabumi untuk masa periode berikutnya.

Ketika pasangan tersebut sudah memenangkan  PILKADA Kabupaten Sukabumi  dan sudah menjabat sebagai  bupati  dan wakil bupati, raja maung tetap berkiprah dan berperan aktif sebagai jembatan aspirasi masyarakat untuk menuju Kab. Sukabumi ke arah yang lebih baik.

Janji politik raja maung sudah dibuktikan dalam wujud dan karya yang nyata.  Salah satunya telah merealisasikan harapan dan keinginan masyarakat. Yakni terealisasinya  pembangunan jalan lingkungan yang terletak di Pasir Badak  RT 4/9  Desa Cibolang Kec Gunungguruh.

Beberapa waktu yang lalu, jalan lingkungan ini  belum pernah ada perhatian khusus dari semua pihak. Khususnya dari aparatur pemerintah desa yang ada. Hingga warga sudah terbiasa dengan jalan becek dan debu. Tapi kini, dengan adanya raja maung, warga merasa senang dan bersyukur. Karena  raja maung sudah mewujudkan janji-janji politiknya.

Yaitu dengan dilaksanakannya pembangunan dan pengaspalan jalan  lingkungan ini. Bupat terpilih menegaskan, harapan ke depannya peran serta pemeritah desa harus bisa ditunjukan pada Pemkab Sukabumi. Agar sarana jalan yang sudah  terbagun ini bisa tetap terpelihara.

Untk itu perlu peraturan desa yang  terkait dengan klasifikasi kelas jalan. Jangan sampai jalan ini dilalui oleh kendaraan yang melebihi kapasitas muatan sesuai dgn peraturan dan undang- undang yang berlaku.

Lihat saja, bagaimana truk-truk hilir mudik mengangkut pasir kwarsa yang melebihi kapasitas muat. Bahakan ada yang melebihi kapasitas delapan ton. Karena jalan lingkungan ini sarana transfortasi yang di lalui oleh beberapa perusahaan tambang pasir dan ternak di ujung atas sana. Kalau hal ini di biarkan bagaimana jalan ini akan terpelihara dengan baik serta bagaimana akan terbangun kesinergian antara kebijakan pemerintah  kabupaten dengan pemerintahan desa yang ada. “Karena itu, perlu ada sikap tegas dari pemerintahan desa terkait pemakaian dan kapasitas jalan,” kata Sarbini, salah seorang tokoh masyarakat Desa Cibolang.

 Sementara di tempat terpisah, awak media mendatangi  Ketua Dewan Pembina Raja Maung Yusuf KCG, terkait dengan pembangunan  jalan lingkungan ini.  

Yusuf mengatakan, hal tersebut adalah tanggung jawab moral raja maung kepada masyarakat. “ Karena masyarakat sudah percaya kepada raja maung. sehingga kami punya kewajiban untuk menjawab kepercayaannya tersebut dengan memenuhi apa yang menjadi harapan dan keinginannya… Dan diantaranya kami buktikan dengan pembangunan jalan lingkungan ini,” jelas Yusuf.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here