Laporan : Dadan Nahili/Lutfi

Sukabumi, metropuncaknews.com – Jajaran pengurus DPC Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI ) Kab Sukabumi, kembali lakukan safari kunjungan ke  Dewan Penasehat PWRI. Kali ini kunjungan dilakukan pengurus PWRI Kab. Sukabumi ke rumah Yusuf Taojiri (Pembina Raja Maung), di jalan Padaraang Desa Cibolang Kecamatan Gunungguruh Kab.Sukabumi, Jumat (20/8/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Yusuf Taojiri menyampaikan pesan. Yakni, berupa nasehat kepada semua unsur kepengurusan.

Yusuf Taojiri mengatakan, sebuah organisasi dapat lebih berkembang dan besar jika dilandasi rasa kebersamaan serta keterbukaan sesama anggota dan pengurus. “ Di dalam organisasi itu harus mempunyai satu rasa, bahwa kita keluarga,” ujarnya menegaskan.   

Yusuf Taojiri menyarankan, agar pengurus PWRI dapat  mengembangkan karya jurnalis dengan landasan kreativitas, tekun dan rajin menulis. “ Jurnalis itu harus banyak menulis agar masuk dipemikiran dan bukan hanya copy paste,” terangnya.  

Yusuf Taojiri menegaskan, wartawan harus menjungjung tinggi nilai etika kewartawanannya. Jangan bersikap diskriminatif  ataupun berafiliasi untuk salah satu pihak tanpa dilihat objektivitas kebenaran dan kesalahannya dilapangan

Kita tulis apa yang kita lihat dan apa yang kita dengar dengan catatan pemberitaannya yang seimbang. Tidak boleh menjustifikasi salah satu perkara itu benar atau salah. Karena wartawan bukan aparat penegak hukum.

Selanjutnya Yusuf Taojiri mengatakan, PWRI punya peran strategis untuk menunjang pogram pembangunan nasional. Yakni, dalam hal pemberitaan yang akan dibaca oleh semua unsur lapisan masyarakat. Tentang  kejadian apa yang terjadi di sekitarnya. Karena itu, tentunya isi pemberitaannya harus  seimbang dan profesional.

Yusuf Taojiri juga mengingatkan, PWRI jangan hanya mengedepankan perannya sebagai sosial kontrol saja. Kemitraan dan kerjasama dengan semua pihak juga tetap harus terbangun. Karena mereka membutuhkan kita juga selaku insan pers.

Semenara Sekretaris DPC PWRI Kab. Sukabumi,  Lutfi Yahya pada awak media mengatakan, sebuah organisasi kalau ingin besar dan maju harus siap menerima kritik dan saran. Utamanya dari dewan penasehat.

“ Sehingga kita  tahu apa kekurangan kita selama ini, apa yang akan dijadikan sebagai bahan acuan bersama agar ke depanya PWRI lebih maju dan profesional. Unuk itu, kegiatan silaturahmi ini akan terus dilakukan dan akan dijadiikan sebagai agenda rutin ke depannya,” jelas Lutfi pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here