Kapolda Jabar, Pangdam II/Siliwangi saat mengahdiri acara Halaqoh Kebangsaan di Hotel Aryadhuta Bandung

Laporan : Yatiman

Bandung, metropuncaknews.com –  Kegiatan Halaqoh Kebangsaan digelar dengan penceramah Al-Habib Umar Bin Muhamad Bin Salim Bin Hafidz dengan Tema Bahaimana Memahami Tugas Kita Dalam Beragama Dan Bernegara. Acara yang diikuti sekitar 400 Orang dari undur TNI-Polri dan tamu undangan tersebut digelar di Ballroom Hotel Aryadutha Kota Bandung, Selasa 9 Oktober 2018.

Ada pun maksud dan tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah dalam rangka memberikan pemahaman terhadap anggota TNI /POLRI tentang wawasan kebangsaan dan cinta tanah air dari segi persfektif agama islam.di mana TNI/ POLRI sebagai pilar utama dalam menjaga keutuhan NKRI. Sehingga diharapkan akan membawa nilai positif bagi personil TNI/POLRI yang saat ini fokus dalam pengamanan Pileg dan Pilpres 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kapolda Jabar (Irjen.Pol Drs.Agung Budi Maryoto, M.Si.). Pangdam III/Siliwangi (Mayjen TNI Harto Karyawan). Asrena Mabes Polri selaku Kasatgas Nusantara (Irjen Pol DR Gatot Edi Pramono). Wakapolda Jawa Barat.

Kasgar Tap II Bandung Cimahi. Dan Koharmat AU, Ketua PWNU Jawa Barat (KH.DR.Hasan Nuri Hidayatullah). Pejabat Utama Polda Jawa Barat, Pejabat Kodam III/ Siliwangi,  Para Kapolres/Dandim. Penerjemah (Ustad Ahmad Khoeri. Perwakilan Anggota TNI/POLRI se Wilayah Bandung Raya dan para tamu undangan.

Sekira pukul 11.40 WIB dilaksanakan Sholat Dzuhur bersama di Masjid Al-Ikhlas Kodam III Siliwangi dan dilanjutkan makan siang bersama di Ballroom Hotel Aryaduta.

Sekira pukul 12.30 WIB acara dilanjutkan dengan Marawis dan Sholawat dari TNI-POLRI. Setelah itu pembacaan do’a oleh Habib Attos bin  Hafidz serta dikumandangkan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Brigadir Fauzi.

Dalam sambutannya Ketua PWNU Jawa Barat, KH.DR.Hasan Nuri Hidayatullah mengatakan, kegiatan ini adalah kegiatan pertama yang dilaksanakan oleh PWNU Jawa Barat, Majelis Muhasallah, Polda Jabar dan Kodam III Siliwangi.      Kegiatan ini digelar dalam rangka cinta kita kepada agama dan negara kita sebagai bentuk kepedulian dan kebersamaan yang telah dilaksanakan oleh TNI dan Polri. “ Maka melalui kegiatan ini diharapkan dapat merekatkan seluruh elemen bangsa sehingga tercipta rasa aman dan damai di Jawa Barat,” harapnya.

Asrena Mabes Polri Irjen Pol. Gatot Edidalam sambutanya mengatakan, semoga kedatangan Habaib menjadikan suasana damai, sejuk dan moderat. Acara ini adalah bentuk kegiatan dari Satgas Nusantara dengan tujuan Pemilukada, Pileg dan Pilpres untuk berjalan aman dan damai. Karena konsentasi politik menjelang Pilpres akan memanas. Tugas Satgas Nusantara untuk meredamnya.

“ Polri dan TNI tidak akan bisa bekerja sendiri, untuk menciptakan situasi damai, aman dan sejuk.Polri dan TNI adalah bagian dari negara ini sebagai perekat,” ujarnya menegaskan.

Sementara Kapolda Jawa Barat Bapak Irjend Pol. Drs Agung Budi Maryoto, M.Si mengatakan, kegiatan ini adalah kegiatan silaturahmi sekaligus kegiatan Halaqah Kebangsaan. Alhamdullilah Pemilukada di Jawa Barat dapat berjalan aman serta kondusif. “ Sekarang adalah tahapan Pilpres dan Pileg, semoga kita bisa menjaga ukuwah Islamiyah dan Ukuwah Watoniyyah,” kata Kapolda.

Selanjutnya Pangdam III Siliwangi Mayjend TNI Besar Harto Karyawan dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi yang tinggi kepada Ketua PWNU Jawa Barat yang sudah memprakasai kegiatan ini. Semoga acara Halaqah Kebangsaan menjadi pencerahan hati. Keanekaragaman budaya, perbedaaan yang mencolok, issue SARA sering mengemuka dan mengadu domba kita. Antar umat beragama, suku, budaya dan tradisi. Maka dengan adanya acara halaqah kebangsaan bisa mempersatukan. “ Terus bangun silaturahmi dan komunikasi untuk tujuan dan tekad membangun negeri ini,” pesannya.

Setelah disampaikan beberapa kata – kata sambutan acara dilanjutkan Tausyiah dari   Al-Habib Umar Bin Muhammad Bin alim Bin Hafidz (Penerjemah Ustad Ahmad Husaeri, Habib Zindan bin Zindan. Habib sholeh  Al-Jufri), yang pada intinya adalah,  Alhamdullilah kita sudah dikumpulkan dalam acara ini. Kemaslahatan dengan adanya acara ini karena POLRI-TNI beserta alim ulama bisa bertemu bersama-sama.

– Saya mempunyai harapan kepada para ulama yg tergabung kepada ulama NU untuk berhubungan dengan TNI-POLRI demi keamanan Jawa Barat. selain itu  Saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada pemimpin POLRI dan TNI, atas pertemuan ini. Semoga Pileg dan Pilpres di Indonesia dalam keadaan aman kodusif serta ketaqwaan, dijauhkan dari bencana gempa bumi dan Tsunami, semoga Allah menjaga keberkahaan umat muslim di Indonesia. Ujarnya penuh harap.

Dalam kegiatan tersebut juga di lakukan sesi tanya jawab, pembacaan doa, penutup dan pemberian cinderamata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here