Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pagelaran di Desa Buniwangi Kecamatan Pagelaran Cianjur Jawa Barat,  berencana akan membangun ruang rawat inap.

” Untuk pelaksanaannya, saat ini proses lelangnya sudah dipersiapkan oleh pihak Dinas Kesehatan Cianjur,” kata Kepala Puskesmas Pagelaran, Zeni Bagja Nugraha, Kamis (06/02).

Menurut keterangan, luas area yang akan digunakan untuk pembangunan ruang rawat inap itu, kurang lebih 7000 meter persegi. Ada pun proyeksi kapasitas ranjang sebanyak 9 buah.

Menurut Zeni, saat ini untuk ruang rawat inap masih memakai bangunan hasil dari keuangan mandiri Puskesmas Pagelaran saja.

” Alhamdulillah, dengan dibangunnya ruang rawat inap baru, berarti pelayanan kesehatan terhadap masyarakat akan meningkat juga,” ujarnya.

Diketahui Puskesmas Pagelaran saat ini melayani wilayah kerja sekitar 40 ribu jiwa dari 6 desa yang ada di Kecamatan Pagelaran. Yakni Desa Pagelaran, Padamaju, Pangadegan, Buniwangi, Bunijaya dan Situhiyang.

” Sepengetahuan saya, masyarakat peserta BPJS disini sebanyak 29 ribu orang,” katanya.

Lanjut Zeni, Puskesmas Pagelaran memiliki staf sebanyak 50 orang. Mereka terdiri dari tenaga kesehatan. Yakni dua orang dokter umum, 12 perawat, 16 bidan, satu analis, satu Kesling, satu Promkes, satu Asisten Apoteker, Nutrisionis, dua orang prakarya, dan sopir beserta tenaga keamanan masing – masing posisi satu orang.

” Yang menjadi persoalannya adalah, staf yang berstatus PNS kurang. Karena, dulu terbagi dengan Rumah Sakit Pagelaran yang di bangun beberapa tahun lalu,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here