Laporan : Cece

Cianjur, metropuncaknwes.com – Puskesmas Gekbrong Kabupaten Cianjur laksana rapat kegiatan Lokakarya Mini (Lokmin) lintas sektor bidang kesehatan. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula lantai ll, Puskesmas Gekbrong, Senin (4/3).

Rapat yang dilaksanakan sekitar pukul 08.00 – 14.00 WIB tersebut, mengusung tema ” Kita Wujudkan Masyarakat Kecamatan Gekbrong Yang Sehat dan Mandiri”.

Para pertemuan lintas sektor tersebut, dibahas bagaimana membangun kerjasama dibilang kesehatan. Artinya, tidak hanya dari pihak Puskesmas saja, melainkan perlu dukungan lintas sektor lainnya.

Kepala Puskesmas Gekbrong  Ratna Winarsih, SKM, MKes. ketika dikonfirmasi mengatakan, pertemuan lokakarya mini lintas sektor bidang kesehatan ini harus dilakukan bersama. Ada pun maksud pertemuan lintas sektor iini untuk menjalin kerjasama dengan lintas sektor lainnya. “ Karena lintas sektor yang kita bangun bukan hanya dari Puskesmas saja,” tuturnya.

Konkritnya, lanjut Ratna, perlu dukungan semua pihak. Seperti, pihak Kecamatan, OPD, kepala desa, tokoh masyarakat, para kader KB dan pendidikan.
” Maksudnya, supaya program-program Puskesmas yang kita susun dan yang disiapkan sejak tahun 2018 berjalan dengan baik, lancar dan tercapai,” harapnya.

Terkait contoh konkrit bidang kesehatan itu, Ratna menjelaskan, ada beberapa permasalahan yang disampaikan berkaitan dengan Posyandu. Terutama  tentang WC sehat, bagaimana ibu melahirkan difasilitas kesehatan meningkat dan bagaimana angka bebas jentik supaya bagus dan naik capaiannya.

” Itu tadi permasalahan yang kita angkat di lokmin, mohon bantuan dari lintas sektor supaya permasalahan yang disampaikan itu bisa kita pecahkan bersama. Mudah-mudahan kedepannya capaiannya lebih baik lagi,” pintanya.

Sementara itu, Camat Gekbrong Adang Sumaryadi mengatakan, atas dilaksanakannya kegiatan lokakarya mini lintas sektor bidang kesehatan, dirinya selaku Kepala Pemerintahan Kecamatan Gekbrong sangat mengapresiasi sekali.

Bagaimanapun,menurutnya antar lintas sektor khususnya dibidang kesehatan harus selalu bersinergi dengan baik. Terbukti dengan naiknya tingkat ke akreditasi madya pada Puskesmas.

Kemudian Camat mengatakan, insfrastruktur Puskesmas selama ini operasionalnya berjalan dengan baik.

“ Kami sebagai koordinator pemerintahan kecamatan akan mendukung. Maka kedepannya, lokmin-lokmin lintas sektor nanti tidak hanya dilokasi MHS saja, kami akan mengundang lintas sektor yang ada di kabupaten,” kata camat.

Lanjutnya menambahkan, ada kemungkinan kedepannya pada lokakarya berikutnya akan mengundang instansi terkait. Yakni dari Badan Lingkungan Hidup (BLH). Karena berkenaan dengan persampahan dan menyangkut lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here