Pegawai Puskesmas Cijedil masih terus melakukan pembenahan di kantor barunya

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com  – Puskesmas Cijedil, masih melakukan pembenahan dan penataan ruangan, pasca perpindahannya 6 Februari 2019, lalu. Pembenahan itu dilakukan karena setiap Puskesmas harus disesuaikan dengan Permenkes No. 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas.

Adapun pembenahan yang harus dilakukannya adalah penataan ruangan, kelengkapan alat kedokteran serta shelter pegawai.

Kendati demikian, para pegawai Puskesmas Cijedil saat ini mengeluhkan minimnya lahan parkir, sisi keamanan baik jalan maupun gedung, Penerangan Jalan Umum (PJU), belum tersedianya jembatan penyeberangan dan rambu-rambu lalu lintas lainnya serta jalan masuk ke Puskesmas yang terjal sehingga dikhawatirkan terjadi kecelakaan.

Karena itu, di lokasi tersebut diperlukan adanya security untuk menjaga keamanan dan membantu menyebrangkan pasien. Karena di jalan tersebut merupakan jalur cepat dan rawan kecelakaan.

Disinggung mengenai kelayakan ruangan, Heri Ahmad Fauzi staf admin Puskesmas Cijedil mengatakan, mengenai ruangan sudah ok, tinggal dipasang sekat saja supaya bisa tertata rapi.

” Untuk ruangan memang sudah layak hanya saja kenapa masih seperti ini, namanya juga baru pindahan jadi belum dilakukan penataan yang maksimal, soalnya pas pindahan 6 Februari kemarin, kami langsung melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” aku Heri saat ditemui awak media di gedung Puskesmas Cijedil yang baru, Rabu (20/2).

Lanjut Heri, saat ini memang belum ada penambahan peralatan medis, Dr atau pegawai. Jadi untuk peralatan, masih menggunakan yang lama, karena itu juga masih baru dan sudah sesuai standar Puskesmas. “ Nah, kalau ditanya betah tidaknya, buat saya pribadi biasa-biasa saja, karena itu sudah menjadi tugas dalam melayani masyarakat dimanapun tempatnya, hanya saja yang paling kami khawatirkan disini tentang keamanan saja, baik itu gedung (ruangan) maupun keselamatan pasien saat datang berobat, itu saja,” ujarnya.

Heri juga menuturkan, upaya yang akan disegerakan yaitu perekrutan security, pengajuan PJU dan pengadaan jembatan penyeberangan ke dinas-dinas terkait.

Kemudian Bidang Koordinasi (Bidkoor) Puskesmas Cijedil, Sri Yuningsih menambahkan, dengan pindahnya ke gedung baru ini, pihaknya merasa lebih nyaman. Jadi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, sangat terbantu sekali. Dan mengenai keselamatan pasien, tetap harus kita diprioritaskan.

” Seperti apa yang tadi dikatakan Pak Heri itu betul, selama ini memang belum pernah terjadi kecelakaan, namun selaku pegawai Puskesmas Cijedil ini, tetap kita harus mengantisipasinya, karena kalau terjadi kecelakaan pihak puskesmas juga akan terbawa-bawa nantinya,” tambahnya.

Sementara Kepala Puskesmas Cijedil Dede Rahmat S, saat dihubungi melalui salah satu aplikasi Android karena tidak ada ditempat, mengatakan, pasien yang berobat terus bertambah. 

” Untuk kunjungan pasien yang berobat saat ini masih stabil, bahkan tiap harinya terus bertambah, tapi berkat dukungan dari semua pihak, alhamdulillah bisa terkendali,” kata Dede, sekira pukul 13.36 Wib di whatsaap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here