Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Pasca adanya laporan jalan retak dan amblas di jalan Nasional Naringgul-Cidaun, tepatnya di Kampung Cigaru, Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul, Cianjur Selatan, Kamis (6/12) siang. Pihak PUPR Binamarga SATKER (Satuan Kerja) PJN II Jawa Barat, Balai Besar PJN (Pelaksanaan Jalan Nasional) PPK V PJN VI, sigap menyikapi dan menurunkan para pekerjanya, Kamis (6/12) sore hari, untuk segera memperbaiki jalan yang amblas dan retak.

Terpantau di lokasi pergeseran tanah di jalan Nasional Naringgul-Cidaun, sejumlah pekerja (PUPR), sedang memperbaiki jalan dengan mengunakan Agregat dan semen untuk menutupi jalan yang retak dan amblas.

Disampaikan Dr. Ir. Hari Suko Setiono M. Eng. Sc Kepala Balai Besar PJN V PPK VI mengatakan , setelah mendapatkan laporan tim, pihaknya langsung bergerak untuk melakukan penanganan sementara.

” Jalan yang amblas dan retak, untuk sementara sudah kita perbaiki dengan cara menutupnya dengan Agregat dan semen, supaya tidak membahayakan para pengguna jalan. Beberapa jalan di Naringgul-Cidaun dan Bandung-Cianjur Selatan, memang rawan longsor, saat ini ada beberapa titik longsor yang terus kita perbaiki,” katanya saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis (6/12) petang.

Lanjutnya, Insya Alloh untuk kedepannya, jalan yang amblas dan retak ini, rencananya akan diperbaiki total.

” Kita akan lakukan investigasi dulu, melihat kondisi topographi dan geologinya, apakah akan direlokasi atau dilakukan pelebaran. Mengingat, Binamarga Provinsi, katanya sudah melakukan pembebasan lahan, jadi kalau memang sudah ada pembebasan lahan, maka lebih baik diperlebar saja,” tukasnya.

Sementara, mengenai adanya rumah warga yang terkena dampak, pihaknya akan lakukan survei dahulu kelapangan, dan kemudian berkoordinasi dengan pihak  BPBD Kabupaten Cianjur.

” Nantinya kita akan lakukan survai dulu, apakah itu memang benar faktor bencana alam atau bukan, jadi kita belum bisa menyimpulkannya terkait rumah warga yang tetkena dampak pergeseran tanah itu,” pungkasnya.

Dilokasi kejadian, nampak salah seorang anggota Kepolisian Polsek Naringgul Ipda Agus Pramono, sedang mengecek jalan yang sudah diperbaiki oleh PUPR. Kedatangannya tak lain adalah untuk meyakinkan bahwa jalan tersebut sudah benar-benar diperbaiki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here