Warga saat melakukan aksinya le kantor Perum Protanmas Samolo Indah

Laporan : Sam Apip

Cianjur, etropuncaknews.com – Kesal terhadap prilaku pengembang & managemen PT. Perumahan Protanman Samolo Indah, Desa Babakan Caringin, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, puluhan warga Perum Protanmas yang tergabung dalam Forum Komunikasi Warga Protanmas (FKWP), lakukan protes pada pihak managemen yang berada di kantor pemasaran, Sabtu (18/05),

Prores warga Perum Protanmas Samolo Indah tersebut, tiada lain ingin minta keadilan pihak managemen perusahaan. Karena pihak perusahaan selalu membuat kebijakan sendiri tanpa ada musyawarah dengan warga. 

Seperti memutuskan pipa saluran air bersih ke setiap rumah dengan tanpa adanya alasan yang jelas. Karena itu warga minta pipa tersebut  segera dipasang kembali. Selain itu juga belum adanya lahan untuk Tempat Pemakaman Umum (TPU). Termasuk belum adanya Fasilitas Sosial (Fasos) an Fasilitas Umum (Fasum) di lingkungan perumahan.

Warga juga minta, sarana jalan dan selokan drainase minta segera diperbaiki. Perbaikan rumah pasca pembangunan, iuran warga senilai Rp. 30.000 per KK perbulan minta dikelola pengurus RT /RW. Warga pun meminta pihak perusahaan menutup akses jalan keluar Perum atau lingkungan Perum dipagar sekelilingnya supaya lingkungan Perum terkesan aman. 

Seluruh tuntutan warga itu dituangkan dalam bentuk surat yang ditandatangani pihak FKWP dan Ketua RW setempat. Setelah selesai dibacakan pihak warga surat protes tersebut diserahkan dengan cara santun dan dengan bahasa yang lembut pada Martin selaku perwakilan dari managemen perusahaan.

Namun sayang saat itu Martin seakan menantang warga yang datang. “Hal itu silahkan mau dibawa kemana, termasuk ke ranah hukum, kami bersedia,” tantang Martin.  

Tentu saja ucapan Martin itu, membuat seluruh warga menjadi berang, emosi hingga terjadi adu mulut yang cukup memanas antara warga dengan Martin. Karena warga merasa ditantang untuk maju ke ranah hukum. Padahal protes tersebut dilakukan dengan santun. 

Beruntung insiden tersebut tidak berkepanjangan. Situasi dan kondisi bisa reda saat itu juga karena kedua belah pihak dihalau Babinmas dan Babinsa desa setempat dan oleh Rudi salah seorang warga Perum Protanmas Samolo Indah. Hingga saat itu juga Martin menjawab seluruh poin yang diproteskan. “ Jawaban secara tertulis akan dibuatkan secepatnya,” ucap Muldan Wiyana Ketua FKWP. 

Selanjutnya Martin mohon maaf atas kejadian barusan, itu hanya miskomunikasi saja. 

Martin menegaskan, semua tuntutan warga akan disepakati dan direalisasikan selama permasalahanya tidak ada kaitannya dengan pihak Pemkab Cianjur. Seperti TPU, tembok dinding antar rumah itu erat kaitannya dengan pihak kebijakan pemerintah. 

Sedang menyambungkan pipa air bersih, pemagaran, perbaikan pasca pembangunan, Fasos Fasum, perbaikan dan selokan, itu semua bisa dilaksanakan pihak Managemen Perum Protanmas Samola Indah. 

“ Untuk lebih jelasnya lagi, nanti dengan secepatnya akan dijawab dengan melalui surat resmi dari pihak Managemen Perum Protanmas Samolo Indah, Ucap Martin. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here