Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Sedikitnya 68 warga Desa Selajambe Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur yang dinilai terdampak Pemberlakuan Pengurangan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, belum lama ini menerima dana Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp. 300 ribu tiap KPM nya. Dana Bantuan tersebut diambil dari APBDes yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap 4.

Pembagian BST tersebut, dipantau langsung pihak Forkopimcam Sukaluyu, Binmas, Binsa dan BPD setempat. Pada kegiatan tersebut, pihak desa menerapkan Prokes dengan ketat.

Kepala Desa Selajambe Agus Junaedi mengatakan, dibagikannya BST pada sebanyak 68 KPM warga itu, bertepatan dari Hari Jadi Cianjur (HJR) ke 433. Selain itu, juga berbarengan dengan dilaksanakannya  PPKM Darurat. Tentunya, masyarakat tersebut sangat membutuhkan bantuan untuk kelangsungan hidupnya.

Karena itu, kata Agus, maka pihaknya langsung membagikan BST pada 68 KPM. Masing-masing KPM mendapat bantuan sebesar Rp 300 ribu. “ Tentu saja bantuan sebesar itu tidak mungkin mencukupi keluarga selama berlangsungnya PPKM, tapi minimal akan dapat  membantu meringankan beban hidup masyarakat, khususnya warga yang kurang beruntung,” jelas Agus.  

Pembagian bantuan tersebut, bukan dilakukan oleh pihak desa. Melainkan diberikan langsung oleh pihak Bank ke pada seluruh KPM. “Sedangkan pihak desa hanya menyediakan tempat dan menyaksikan pembagian BST tersebut,” ucap Agus Junaedi pada awak media, Selasa (13/7 /2021).

Sementara itu, salah seorang KPM warga Desa Selajambe Aidah (53) mengatakan, pihaknya merasa bersyukur telah menerima BST dari Desa Selajambe. Karena sebelumnya, Aidah mengaku tidak pernah mendapat bantuan sosial apapun kecuali BST ini dari desa.

Maka dengan menerimanya BST, semoga bermanfaat dan seluruhnya akan dibelikan pada beras, ikan dan sayuran untuk makan keluarga.

” Terima kasih  Pak Kades, Binmas, Binsa dan  para Ketua RT/RW yang telah peduli pada masyarakat kurang beruntung,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here