Aksi tanam 1.000 pohon yang dilakukan pihak PT. Tirta Fresindo Jaya

Laporan : Shandi/R Dhany 

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab terhadap alam dan lingkungan sekitar (hutan), PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora Grup) di Jalan Raya Terusan Jonggol KM 17.  tepatnya di Kampung Pasircangkudu, Desa Sindangraja, Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur, merealisasikan Corporate Social Responsibility (CSR) melalui penanaman 1000 pohon, Sabtu (27/10).

Pihaknya menyebutkan, melalui program bantuan CSR kali ini dilakukan aksi peduli lingkungan hidup dengan tanam 1000 pohon jenis rasamala di Kampung Pasir Cina, Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet atau masih di kaki Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Semangat peduli alam melalui tema ‘SCR 1000 Pohon Mayora’ dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Yadi Mulyadi, pihak Kepala Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dan jajarannya.

Pihaknyanya menyebutkan, sebelumnya bila setiap tahun sekali selalu menyelenggarakan kegiatan program SCR untuk kepentingan masyarakat, diisi dengan berbagai gerakan sosial. Seperti santunan anak yatim, pengobatan gratis, dan berbagai kegiatan peduli sosial kemanusiaan lainnya.

Selaku perwakilan dari PT. Tirta Fresindo Jaya (Mayora Grup) bagian Factory Manager, M Zaidan Effendie mengatakan, kegiatan sosial ini merupakan kepedulian pihaknya terhadap warga sekitar. Pelaksanaan tanam pohon ini kedepannya akan diagendakan setiap satu tahun sekali, melihat situasi dan kondisi.

” Ya, tujuannya biar manajemen perusahaan Mayora Grup bisa berbaur dan ada keakraban dengan semua pihak, baik itu pemerintah, DPRD dan lembaga atau intansi terkait lainnya. Artinya, dengan Pemerintah Daerah setempat dan masyarakat bisa terus menjalin komunikasi dan silarurahmi,” katanya didampingi Departemen Head IR-GA, Dhany Kurniawan di lokasi.

Program bantuan CSR ini, setiap setahun sekali pasti akan diselenggarakan. Dia berharap, program tersebut bisa dirasakan dan banyak manfaatnya untuk kepentingan publik. Nantinya, bisa dirasakan dan banyak manfaatnya secara berkelanjutan.

Kepedulian terhadap lingkungan hidup (alam) tersebut salah satu bakti sosial juga melalui tanam 1000 pohon. Nampak terlihat hadir beberapa kalangan. Semua ikut berbaur menjadi satu serempak melakukan penanaman bibit pohon jenis rasamala, ditanam di TNGGP.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Yadi Mulyadi memaparkan, hal ini tentunya suatu wujud kepedulian kepada alam atau lingkungan sekitar. Artinya, sangat antusias dan mengapresiasi sekali, dengan penanaman pohon saat ini. Secara garis besarnya mengenai pelestarian hutan dan alam sekitar kalangan dunia usaha atau sejumlah perusaaan lainnya bisa jadikan motivasi dan harus mengikuti.

” Bukan hanya permasalahan air saja, penanaman pohon saat ini ada dampak positif. Karena diakui selama ini sudah hampir punah atau mati, bahkan sejumlah satwa hilang. Maka melalui kontrubusinya cukup besar bagi paru-paru dunia khususnya di Cianjur,” kata salah satu politisi dari Partai Demokrat Kabupaten Cianjur ini.

Ditemui terpisah, Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional (PTN) BB TNGGP Wilayah I Cianjur, Diah Qurani Kristina mengatakan, tentunya support dan berharap sangat mendukung penuh juga merespon baik. Karena, sudah seharusnya dan kewajiban perusahaan ada timbal balik bisa membantu kepada masyarakat dan lingkungan, memang perlu bantuan dan butuh ditolong.

” Sangat setuju dan baru kali ini ada perusahaan yang mau peduli dan pro aktif. Mudah-mudahan bisa menjadi motivasi bagi sejumlah perusahaan yang ada di Cianjur, bisa peduli terhadap lingkungan hidup dan kawasan hutan yang dilindungi,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan tanam pohon ini adalah hal positif, dan  semacam ini patut dihargai dan perlu diselenggarakan setiap tahun oleh manajeman perusahaan. Sangat membantu sekali dan dirasakan manfaatnya untuk semua pihak terutama masyarakat Cianjur. Keberadaan perusahaan jadi bisa saling komunikasi dan sinergis dengan pihak desa setempat terutama.

” Saya berharap dan harus sejumlah perusahaan lainnya bisa peduli gerakan sosial kemanusiaan, juga peduli terhadap pelestarian alam melalui CSR,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here