Laporan :  Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Banyaknya warga sekitar yang membuang sampah sembarangan dan tertangkap kamera oknum pendor  yang sedang membuang sampah ke sungai Cisokan. Tepatnya di bawah Jembatan Kereta api Ciranjang. Sehubungan dengan hal itu,  pihak PT. KAI Ciranjang dan Satgas Citarum Harum Sektor XII, Kabupaten Cianjur, Kamis (17/6/2021), memasang spanduk larangan membuang sampah sembarangan. Spanduk tersebut dipasang di pinggir jalan raya ujung jembatan Cisokan Ciranjang yang tak jauh dari jalan kereta api.

Sebelum pemasangan spanduk yang bertuliskan, “Satgas Citarum Harum Sektor XII Dilarang membuang sampah /Limbah di Sepanjang Aliran Sungai,” jajaran PT. KAI melaksanakan tugas membersihan sampah yang menumpuk di batantaran bawah jembatan kereta api Cisokan.

Kepala TP. KAI Ciranjang, Alam (31) menjelaskan, dilaksanakannya pemasangan Spanduk larangan membuang sampah organik, anorganik dan limbah lainnya yang dipasang Satgas Citarum Harum Sektor XII dan PT. KAI Ciranjang, itu merupakan kewajiban kita bersama.

Juga beberapa hari yang lalu adanya Pendor lain yang membuang sampah dari atas jembatan kereta api ke sungai Cisokan dan seluruhnya sudah diingatkan dan dibina juga sekaligus menulis surat perjanjian tidak akan membuang sampah lagi ke Sungai Cisokan maupun ke aliran sungai lainnya.

” Tiga orang yang membuang sampah dari atas jembatan kereta api beberapa hari yang lalu yang tertangkap kamera HP warga setempat hingga Viral di Medsos, Itu bukan petugas kebersihan PT. KAI Ciranjang, melainkan oknum pendor lain dan pihak ketiga,” jelas Alam.

Selain itu, pihaknya mengimbau pada seluruh warga Ciranjang maupun lainnya untuk tidak membuang sampah sembarangan. “ Mari kita bersama – sama membangun Cianjur supaya lebih indah dan Ciranjang bersih dari berbagai sampah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ciranjang H. Deden Efendi menambahkan, pada dasarnya pihak Desa Ciranjang, hampir tiap rapat dan tiap kunjungan kesetiap lingkungan masyarakat ke RT-an selalu menghimbau warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Khususnya membuang sampah ke saluran irigasi, kali dan ke saluran sungai Cisokan.

Dengan itu, pada kesempatan sekarang ini, diharapkan khususnya pada seluruh warga Desa Ciranjang dan warga lainnya jangan sekali – kali membuang sampah sembarangan. Apalagi membuang sampah ke aliran sungai mana pun.

” Mari kita ciptakan Ciranjang bebas dari sampah, hingga terlihat bersih dan indah,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here