Laporan : Dadan Nahili

Sukabumi, metropuncaknews.com – Desa Langansari Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi, diakui cukup gencar melaksanakan pembangunan untuk kemajuan wilayah desanya.

Namun sangat disayangkan, berdasarkan pantauan awak media di lapangan, Rabu (7/8) pekan lalu, hampir setiap proyek pembangunannya tak memiliki papan nama proyek. Sehingga banyak warga yang bertanya, proyek apa dan berapa biayanya serta dari mana anggarannya. Parahnya lagi baik itu BPD, Kepala Desa hingga TPK, sulit ditemui ketika hendak dikonfirmasi masaalah tersebut.

Menyikapi hal tersebut, diera keterbukaan ini, apapun instansinya yang bersifat menggunakan anggaran pemerintah, baik pusat maupun daerah, masyarakat atau siapapun berhak untuk mengetahui dan memantau kemana anggaran itu disalurkan.

Melalui media sosialnya Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati menegaskan, negara titip anggaran itu bukan untuk kepala desa, tapi untuk warga desa.

“Anggaran dana desa sebesar 800 juta hingga 3 milyar per tahun, diharapkan bisa memperbaiki kondisi masyarakat,” paparnya.
Jika dilihat berdasarkan Undang-undang Repubkik Indonesia No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, jelas Desa Langansari diduga kuat telah menyalahi aturan yang telah ditetapkan pemerintah.
Sekretaris BPD Langansari Roni saat ditemui awak media, Selasa (12/8), mengatakan, dirinya pernah mengingatkan kepala desa untuk memasang plang papan proyek.\
” Saya pernah mengingatkan kepala desa, untuk memasang papan proyek disetiap proyek pembangunan, namun hingga saat ini tidak dipasang juga,” akunya.

Lanjut Roni, seumpama ada papan proyek, masyarakat kan bisa tahu, sumber anggaran dari mana dan jumlahnya berapa?.

” Ya, kalau ada papan proyek berarti masyarakat kan bisa tahu anggarannya berapa, peruntukan apa dan dari mana sumber anggarannya,” pungkasnya.

Sementara saat Kepala Desa Langensasri dihubungi di kantor Desa Langensari, salah seorang perangkat desa menyebutkan kepala desa tidak ada ditempat. Demikian pula saat dihubungi melalui telepon selulernya, pun tidak diangkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here