Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Ada yang menarik perhatian lensa kamera wartawan usai pulang melaksanakan shalat tarawih di Pancaniti Pendopo Kabupaten Cianjur. Senin (26/04/2021) atau malam ke-15 Ramadhan 1442. H.

Seperti biasa, selepas melaksanakan tarawih di Pancaniti, pergi tadarus ke sebuah teras di Panembong. Tempat tersebut merupakan shelter Pemuda Hijrah Cianjur.ID (PHC.ID).

Ditengah perjalanan seusai membeli gorengan untuk cemilan tadarus di Jl. Arief Rahman Hakim Solokpandan Cianjur. Sekira pukul 21.00 WIB, melihat seorang pria paruhbaya  sedang melaksanakan shalat tarawih di emperan toko di Jl. Taifur Yusuf Bojongherang Cianjur.

Rasa takjub pun tercurah melihat seseorang yang diduga gepeng masih mau melaksanakan shalat tarawih dalam keadaan seperti itu. Artinya jauh dari kata cukup apalagi mewah. Tapi masih mau beribadah.

Karena penasaran, akhirnya mencoba mendekati dan melihat dari dekat pria parubaya itu. Ternyata dia tidak sendiri, tetapi tinggal sementara/singgah disitu bersama istrinya. Hanya saja saat sang suami melaksanakan shalat tarawih dan mengaji/tadarus istrinya tertidur pulas. Diduga karena kelelahan setelah berpuasa dan beraktifitas sebagaimana biasanya.

Saat ditemui disela mengaji/tadarus, pria parubaya itu mengatakan, kendati tinggal dijalanan, dirinya selalu menjalankan shalat lima waktu. Bahkan selalu menyempatkan diri untuk bersih-bersih karena untuk melaksanakan shalat harus dalam keadaan bersih dan suci.

” Kendati tinggal diemperan toko pinggir jalan, saya selalu membersihkan diri untuk melaksanakan shalat lima waktu,” katanya.

Selanjutnya ia berpesan jangan lupa shalat lima waktu dan rajin-rajinlah berzakat. Karena dari apa yang kita dapatkan selama bekerja itu, ada hak orang lain atau dalam Islam disebutnya zakat.

” Maaf bukannya menggurui, tapi dulu waktu saya muda tinggal di pesantren di Tarogong Garut, guru saya mengajarkan itu. Rajin-rajinlah bertawasul doakan orang tua kalau yang sudah tidak ada. Kalau masih ada baik-baiklah sama orang tua supaya hidup berkah jangan seperti saya sekarang,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here