Presiden Jokowi bersama istri didampingi beberapa Meneteri Kabinet, lakukan Kunker ke Wana Wisata Pokland Cianjur

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com –  Presiden RI Joko Widodo atau  yang akarab disapa Jokowi, Jumat (08 /02) lakukan kunjungan kerja (Kunker) Ke Wana Wisata Poklan, Desa/Kecamatan Haurwangi, Cianjur, Jawa Barat. Pada kegiatan tersebut Presiden Jokowi memberikan SK  Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) Pengelolaan Hutan Sosial pada 8941Kepala Keluarga (KK). Ada pun  total lalannya seluas 13.976.28 Ha, yang ada di Provinsi Jawa Barat. 

Kunker Presiden Jokowi  beserta istri Hj Iriyana Widodo tersebut, didampingi Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan, (LHK), Menko Perekonomian, Mentri BUMN, Gunernur Jawa Barat, Plt Bupati Cianjur. Kegiatan tersebut dihadiri ribuan petani hutan yang ada di Provinsi Jawa Barat serta warga Jawa Barat lainnya.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, selain membagikan sertifikat Kulin KK pada 8941 KK yang per KK nya minimal mendapat 1,5 Ha, Presiden Jokowi juga akan meresmikan sarana dan prasarana alun-alun Cianjur.

Pada penerima sertifikat, Presiden Jokowi berpesan, agar lahan tersebut tidak diterlantarkan. Tapi harus diurus dan dikelola dengan baik. Tanami dengan berbagai tanaman produktif. “ Seperti tanaman kopi, buah-buahan dan tumpangsari dengan padi, jagung, kedelai, jahe dan palawija,” jelas Presiden Jokowi.

Selain itu, lahan yang telah di SK kan,  dipersilahkan untuk dikelola menjadi tempat wisata. Seperti halnya, Wana Wisata Pokland Haurwangi Cianjur, Jawa Barat dan tempat wisata di wilayah lainnya. Pemberian SK pengelolaan lahan tersebut, tiada lain hasilnya untuk mensejahtraan masyarakat itu sendiri. “ Karena batas waktu  SK Kulin KK tersebut selama 35 tahun,” ujarnya menegaskan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memaparkan, kedatangannya Presiden RI Jokowi beserta rombongan ke Cianjur, yaitu untuk membagikan SK Kulin KK di Wana Wisata Pokla Haurwangi dan meresmikan Alun-alun Cianjur yang merupakan alun-alun  terbaik se Jawa Barat. “ Atas semua itu, kami memberikan apresiasi, bangga dan kami ucapkan terima kasih,” kata Kang Emil, demikian panggilan akrab Ridwan Kamil.  

Selain itu, Kang Emil mengatakan, Cianjur ini memiliki berbagai potensi alam yang perlu dikembangkan. Ekonominya perlu dikelola dengan baik. Selain itu juga, memiliki hasil pertanian yang terkenal. Yaitu, Beras Cianjur. Kemudian, ngaos atau mengaji Alquran dengan fasih dan alunan suara yang indah. Termasuk kesenian dengan mamaos dengan kacapi sulingnya. Itu semua harus dikembangkan dengan serius dan fokus. “ Supaya ekonominya terangkat dengan cepat,” kata Kang Emil.

Lebih lanjut Kang Emil mengatakan, untuk menunjang peningkatan ekonomi daerah, pemerintah pusat sedang membangun jalan tol Ciawi – Padalarang. Tentu saja hal ituselain dapat mendongkrak roda perekonomian juga akan memudahkan perjalanan menuju ibu kota Jakarta dan kota-kota yang ada disekitarnya.

“ Semoga Presiden Jokowi mampu melaksanakan tugas sesuai harapan semua pihak dan mampu membangun Cianjur, Jawa Barat dengan maksimal dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat luas,” harap Kang Emil.  

Dilain pihak, pengegelola Wana Wisata Poklan Haurwangi juga selaku Sekretaris LMDH Wana Lestari Poklan, Ayi Nuanda mengatakan, pihaknya telah menerima SK Kulin KK Wana Wisata Poklan seluas 20 Ha. Kedepannya akan ditambah lagi 8 Ha. Semua itu akan dikelola pihak LMDH Wana Lestari Poklan. 

Ayi menyebutkan, lahan seluas itu, kedepannya akan digunakan dan dikelola untuk dijadikan tempat wisata. Dibangun kolam renang, kolam selfi, kolam arus, tempat mainan anak – anak, perhotelan dan fasilitas wisata lainnya. 

“ Atas semua itu, kami ucaokan terima kasih pada Presiden Jokowi, Kementrian LHK, Gubernur Jawa Barat dan berbagai pihak lainnya yang telah memberi SK pengolaan lahan untuk selama 35 tahun dan semoga kedepannya Wana Wisata Poklan lebih maju dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Haurwangi,” kata Ayi penuh harap.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here