Pramuka SDN Girijaya siap mengikuti Lomba Tingkat

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Para pelajar yang aktif dalam gerakan pramuka Penggalang  SDN Gikirijaya Desa Jayagiri Kecamatan Sukanagara Cianjur, kini tengah sibuk mengikuti Lomba Tingkat (LT) II.  Kegiatan tersebut digelar di lapangan olah raga yang tak jauh dari Kantor Kecamatan Sukanagara. Lomba Tingkat II itu diikuti ratusan peserta Pramuka Penggalang dari 32 sekolah mulai  SDN, SMP dan MTs se Kecamatan Sukangara.

Kepala Sekolah yang biasa disebut Mabigus SDN Girijaya  LIlis Nuryani menjelaskan, seluruh pelajar SDN Girijaya, aktif mengikuti pendidikan eksra kurikuler. Seperti diantaranya mengikuti kepramukaan. Dari mulai tingkatan siaga sampai garakan pramuka penggalang.Ada pun jadwal latihannya tiap Jumat siang yang diasuh  seluruh guru pembina pramuka.

Sekarang seluruh penggalang SDN Girijaya sebanyak 4 regu putra dan putri,  selama tiga hari mulai dari tanggal 14,15 dan tgl 16 September 2018, mengikuti LT II. Kegiatan tersebut diselenggarakan pihak Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Sukanagara. Hal itu dilakukan tiada lain untuk menguji, mengevaluasi materi kepramukaan baik perseorangan mapun secara berkelompok.

Diantaranya, evaluasi keterampilan, kecerdasan, kekompakan, disiplin, ketangguhan mental dan daya nalar berbagai materi yang telah disajikan sejak belajar di Pangakalan SD nya masing masing.

Diharapkan selurun penggalang SDN Girijaya, akan mampu lulus menjadi penggalang madia dan penggalang utama. “ Karena selain kebanggaan pihak sekolah juga akan mampu meningkatkan rasa disiplin si anak itu sendiri,” tutur Lilis.

Sementata itu, salah seorang Pembina Pramuka SD Girijaya, Iwan Pasmal menambahkan, pihaknya merasa optimis seluruh penggalang yang menjadi peserta LT II akan lulus naik tingkat ke Penggalang Madia atau Penggalang Utama. Karena materi yang disajikan pihak panitia tidak jauh dengan yang sering diajarkan tiap pertemuan latihan.

Baik cara keterampilan  mendirikan tenda, mendirikan mencusuar dari tongkat,  tali temali, baca simbul bendera semapur, ketangaksan, kecerdasan dan keterampilan lainnya, seluruhnya itu telah sering diajarkan para pembimbing. Karena iu, diharapkan hal tersebut mampu dilaksanakan dengan kompak, disiplin dan berani mengambil sikap. Hingga mampu naik tingakatan menadi penggalag madia dan utama.

“ Selain itu, kedepanya SDN Girijaya akan  sejajar dengan SD yang dianggap telah maju di Kecamatan Sukanagara,” kata Iwan padla awak media kemarin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here