Laporan : Agus

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebanyak 16 orang peramuka penggalang SD Negeri Cipetir 1 Kwaran Haurwangi mengikuti Jambore Cabang Cianjur tahun 2020. Perkemahan dilaksanakan disekolah. Peserta jambore cabang mengikuti rangkaian kegiatan secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom meeting dan you tube chanel Kwarcab Cianjur.

Mabigus SDN Cipetir 1 Sutarko, saat ditemui, Rabu (23/12/2020) mengatakan. Kegiatan Jambore Cabang adalah program kerja kwartir cabang Cianjur. Karena dengan adanya pandemi Covid 19 maka kegiatannya dilaksanakan secara virtual. “ Kegiatan ini diikuti 32 kwaran sekabupaten  Cianjur. Acara dilaksanakan selama 3 hari mulai dari hari selasa kemarin tanggal 22 Desember 2020,” jelas Sutarko.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Harian Kwarcab Cianjur Drs. Rahmat Sudarman dari sekretariat kwarcab. Lebih lanjut Sutarko mengatakan, materi kegiatan meliputi Perkemahan. Upacara pembukaan dan penutupan. Sedangkan perlombaannya ada 4 katagori yang harus diikuti secara daring. Seperti Lomba Film pendek, Biantara bahasa sunda, pengetahuan kepramukaan dan pentas seni. “Semua kegiatan tersebut dikirimkan videonya untuk nantinya dinilai panitia,” ujar Sutarko.

Untuk pramuka penggalang SDN Cipetir 1, pihaknya akan memberikan kesempatan seluas – luasnya untuk tetap giat berlatih dan terus mengikuti kegiatan-kegiatan level kwarcab Cianjur. “ Harapan dari semua kegiatan itu dapat menambah pengalaman dan mampu mendorong SDN Cipetir 1 menjadi semakin lebih maju,” ucap Sutarko.

Sementara Pembina Pendamping Regu Harimau Suhendra, S.Pd. mengatakan, pihaknya sangat bersyukur bisa membimbing anak-anak mengikuti kegiatan jambore cabang secara virtual. Secara pribadi, sambung Hendra, kegiatan seperti ini jelas mempunyai tantangan tersendiri. “ Karena selain harus mempersiapkan peserta didik tentunya harus juga mampu mengkondisikan jaringan agar semuanya dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

Hasna Siswi SDN Cipetir 1 salah satu penggalang mengatakan, dirinya sangat senang dan bersyukur dapat mengikuti kegiatan ini. Karena dari setiap kegiatan tentunya mampu memberikan pengalaman yang berbeda. “ Seperti kegiatan saat ini, yang awalnya saya tidak tahu apa itu zoom meeting dan bagaimana membuka aplikasi Google form sekarang sudah tahu, karena baru saja diajarkan oleh pendamping,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here