Wabup Cianjur H. Herman nampak sedang menyaksikan pemeriksaan jamaah sebelum menuju Armuna

Laporan : Rudi Salam

Makkah, metropuncaknews.com – Para Jamaah Haji Indonesia asal Cianjur Jawa Barat yang menginap di Hotel Syisyah Makkah, akan menuju Armuna atau yang biasa disebut Arofah Musdalifah Mina. Karena itu, sebelum menuju Armuna, Tim TKHI Cianjur yang dipimpin dr. Nelly Emilia Sumitra melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para jamaah haji asal Cianjur.

Nelly Emilia saat dihubungi mengatakan, pemriksaan ini dinilai penting. Karena melalui pemeriksaan kesehatan ini pihaknya akan mengetahui kesehatan jamaah.

“ Saya lakukan pemeriksaan kesehatan ini untuk mendeteksi dini kesehatan jamaah menjelang kepergiannya menuju rmuna,” tuturnya.

Lebih lanjut Nely mengatakan, kondisi kesehatan jamaah saat akan berangkat ke Armuna harus benar-benar prima. Sebab, jamaah di Armuna akan menghadapi terik matahari yang cukup panas. Selain itu juga harus berjalan kaki hingga belasan kilo meter. “ Karena itulah, kondisi kesehatan jamaah harus benar-benar fit dan prima,” jelasnya.

Menurut Nely. Berdasarkan hasil pemeriksaan, mayoritas jamaah hanya terkena flu dan batuk. Adapun 17 orang jamaah yang perlu dibantu kursi roda, itu karena menderita sakitnya sejak dari Indonesi.  Seperti penderita gula darah, hifertensi, dan Lansia.

“ Maka dengan pemeriksaan pra Armuna ini, Inssya Allah kesehatan jamaah khususnya dari Cianjur terkontrol dengan baik bahkan semua sudah saya bekali dengan obat-obatannya,” jelas Nely.

Menurut salah seorang jamaah/ asal Cianjur, Dede yang ikut pemeriksaan mengatakan, Alhamdulillah ini adalah langkah yang baik yang dilakukan TKHI guna mempersiapkan jamaah menuju ke Armuna. Karena perjalanan ke Armuna menuntut jamaah mempunyai fisik kuat. Sebab  disana nanti selain jamaah harus menghadapi terik matahari cukup panas juga akan berjalan sepanjang belasan kilo meter. Saat ditanya persiapn kesehatan dirinya, Dede mengaku sedang flu .

Dalam pelaksanaan pemeriksaa kesehatan tersebut hadir Wakil Bupati Cianjur, H. Herman yang ikut memastikan jamaah Cianjur sudah siap mengahadafi medan Armuna.

“ Mudah-mudahan, jamaah haji asal Cianjur, semuanya dalam kondisi yang fit dan prima hingga semua tahap ibadah haji dapat dilaksanakan dengan baik,” harap H. Herman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here