Warga penerima PKH

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Pendamping Penerima Keluarga Harapan (PPKH) Kecamatan Naringgul, berkoordinasi dengan Polsek Naringgul untuk mendampingi dan mengawasi penyaluran bantuan PKH di masing-masing desa se Kecamatan Naringgul.

Selain itu, mereka juga berkoordinasi dengan pihak Cabang BRI Link setempat, sebagai mitra Bank penyalur bantuan untuk menyiapkan dana bagi KPM yang hendak melakukan pencairan uang PKH.

Untuk jumlah yang berhak menerima bantuan PKH di Kecamatan Naringgul, mencapai angka kurang lebih sekitar 3551.

Penyaluran bantuan yang dilaksanakan pada hari Kamis (31/1/2019) sampai dengan Senin (4/2/2019) kemarin. Pencairannya, nampak dijaga ketat oleh tiga orang personil dari Polsek Naringgul.

Kordinator PKH Kecamatan Irwan Rahadiansyah mengatakan, selama proses pencairan, pihaknya bersama tim pendamping di setiap desa  dibantu pihak kepolisian Sektor Naringgul melaksanakan pendampingan dan pengawasan kegiatan penyaluran dana bantuan PPKH.

“ KPM sangat bersyukur sekali, ketika dicek jumlah bantuan melalui ATM ada peningkatan. Karena di tahun 2019 ini, berlaku perkomponen peningkatan 2 kali lipat. Bantuan PKH untuk komponen SD sebesar Rp. 900 ribu, SMP sebesar Rp.1,5 juta, SMA/K Rp. 2 juta, Lansia, BUMIL, APRAS dan Disabilitas Rp. 2,4 juta pertahun. Nah, untuk penyaluran PKH ini, dilakukan kedalam 4 tahap dan tahap pertama ditambahkan bantuan tetap sebesar Rp. 550 ribu,” jelasnya.

Irwan melanjutkan, jumlah bantuan dibatasi dengan 4 komponen terbesar. Sehingga bantuan tahap pertama yang paling besar maksimal Rp. 2.950.000 dan jumlah bantuan terkecil sebesar Rp. 775 ribu.

“ Selaku pendamping PKH Kecamatan Naringgul, kami akan terus berusaha dan berkoordinasi dengan pihak yang berkepentingan untuk mensukseskan program PKH yang digelontorkan pemerintah pusat. Dan mudah-mudahan program PKH ini terus berlanjut,” ujarnya.

Ditemui terpisah Rabu (6/2) dikediamannya, Ayat (50), warga Desa Malati menyampaikan, dirinya merasa senang karena sudah mendapatkan bantuan PKH.

“ Dengan adanya program PKH ini, kami sebagai masyarakat yang ada di daerah selatan banyak mengucapakan terima kasih. Terlebih bantuan ini langsung kami terima tidak melalui tangan yang lain lagi,” kata Ayat dengan wajah sedikit terharu saking senengnya.

Rasmini (45) menambahkan, sebagai warga miskin jelas sangat bersyukur atas bantuan PKH ini.

” Atas nama warga Cianjur Selatan,kami mengucapkan banyak terima kepada para pendamping ditingkat desa juga kecamatan yang telah membantu berlangsungnya program PKH. Karena ini sangat membantu warga miskin seperti kami,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here