Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Semula,  pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak akan dilaksanakan pada 9 September 2020. Namun,  karena adanya pandemi Covid 19, maka Pilkada Serentak diundur yang rencananya akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Sehubungan dengan adanya Pandemi Covid 10, seluruh elemen pelaksana Pilkada tersebut, untuk sementara dinonaktifkan. Untuk Kabupaten Cianjur Jawa Barat, setelah wilayah Cianjur dinyatakansebagai zona biru dan memasuki New Normal, maka seluruh perangkat pelaksana Pilkada, diaktifkan kembali. Seperti halnya, PPK Ciranjang langsung melakukan aktifitasnya dengan mengaktifkan PPK dan PPS yang ada di Kecamatan Ciranjang, Senin (15/06).  

Ketua PPK Ciranjang, Deni Firmansyah menjelaskan, dua bulan kebelakang setelah selesai melaksanakan rekrutmen PPS disetiap desa, langsung datang surat pemberitahuan untuk tidak melaksanakan aktifitas apapun. Pasalnya, saat itu sedang gencar-gencarnya terjadi pandemii Covid – 19.

Kaena itu, pelaksanaan Pilkada Serentak waktu pelaksanaannya diundurkan. Namun setelah wilayah Kabupaten Cianjur dinyatakan Zona Biru, maka PPK dan PPS diaktifkan kembali. Tepatnya mulai Senin 15 Juni 2020.

Diaktifkannya kembali PPK dan PPS itu, diawali dengan acara simbolik melalui zoom cloud meeting dan disiarkan live streaming di youtube dan medsos KPU Cianjur. Terkait hal itu, PPK, dan PPS harus memperhatikan dan mengikuti acara tersebut secara bersama di satu tempat. Namun tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan. Selanjutnya, mendokumentasikan jalannya acara dan menyiarkan ulang melalui akun youtube dan medsos. PPK/PPS.

Untuk itu, PPK dan PPS harus memastikan perangkat dan jaringan memadai dengan dapat mengikuti acara dengan baik. ID zoom meeting akan disampaikan beberapa waktu sebelum dimulai yang akan dikoordinasikan pihak media centre.

“ Maka dengan adanya sisa waktu 177 hari sampai pelaksanaan Pilkada Serentak yang jatuh pada 9 Desember 2020 nanti, semoga seluruh pengurus, anggota PPK dan PPS mampu menjalankan tugas dengan baik dan benar,” ucap Deni Firmansyah, pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here