Laporan : Ace

Cianjur, metropuncaknews.com – Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Cianjur jalin kerjasama dan kemitraan dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gema Kajian dan Advokasi Nusantara (GIANTARA) Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut ditandai dengan dilakukan penandatangan  Surat Kerjasama di Aula Kantor DPMD Cianjur, Kamis (9/7).

Kagiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas PMD Kabupaten Cianjur Drs. H. Ahmad Danial, M.Si, Dewan Pembina GIANTARA Muztaba Kamal SH.MH, Rena Rusmayani SH.MH, Ketua PPDI Kabupaten Cianjur Dudi Hendarsyah,S.Pd.I bersama ketua perwakilan dari tiap kecamatan.

Pada kesempatan tersebut, Dudi Herdarsyah mengungkapkan, kerjasama antara PPDI dengan LBH GIANTARA sebagai langkah para perangkat desa dalam memperjuangkan haknya.

” Kami yang dilindungi oleh Undang-Undang akan memperjuangkan perangkat desa yang cenderung diperlakukan diskriminatif menyalahi aturan terutama pemecatan sepihak, ” ucap Dudi.

Menurut dia, secara implisit penyalahgunaan wewenang itu merupakan perbuatan melawan hukum dan aturan yang sudah ditetapkan.

Dudi menegaskan, kontek yang ingin pihaknya perjuangkan adalah tindakan yang bertentangan dengan aturan yang ada. Terutama kewenangan yang disalahgunakan. Karena kita hidup di negara yang berdemokrasi dan aturan yang jelas.

Selanjutnya Dudi mengatakan, sebagai anak-anak dari kepala desa, pihaknya butuh bimbingan dan binaan.  “ Apabila perangkat desa sudah tidak bisa dibina dan diarahkan maka silahkan kepala desa yang mengevaluasi sesuai mekanisme yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GIANTARA Provinsi Jabar, Muztaba Kamal mengatakan, kesepakatan untuk kerjasama PPDI dengan LBH GIANTARA ini adalah bagian dari program pihaknya. Yakni untuk mendampingi PPDI di bidang hukum, serta upaya memberikan edukasi terhadap masyarakat.

” Kerjasama ini kita sepakati untuk mendampingi PPDI Cianjur di bidang hukum serta memberikan edukasi terhadap masyarakat,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here