Tim Penilai Posyandu dan Kader Posyandu Terbaik Tingkat Kabupaten, Cianjur saat berada di Desa Sukamulya

Liputan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Posyandu Tawes Kampung Panojer Pasir Nangka RT. 01/04 Desa Sukamulya, Kecamatan Sukaluyu, Cianjur, menjadi perwakilan pada lomba Penilaian Posyandu dan Kader Posyandu Terbaik Tingkat Kabupaten, Rabu (15/8). Adapun yang menjadi tim penilai adalah dari BPMD Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Sukaluyu Agus Supiandi, Kepala Desa Sukamulya, bidan desa, Kader posyandu, PPL dan pendamping desa.

Menurut keterangan, ada lima indikator yang akan menjadi pokok penilaian lomba tersebut. Yaitu diantaranya, administrasi posyandu, hari buka posyandu dan keterampilan kader, peran serta masyarakat, program inovasi pelayanan posyandu (terobosan), dan pembinaan posyandu.

Ditemui disela kegiatan, Agus Supiandi mengatakan, pihaknya merasa bangga dengan terpilihnya posyandu Tawes dari Desa Sukamulya, menjadi salah satu peserta pada lomba Penilaian Posyandu dan Kader Posyandu Terbaik Tingkat Kabupaten Cianjur.

Kedepannya, lanjut Agus, pihaknya berharap, semua kader posyandu yang ada di Kecamatan Sukaluyu ini, bisa menjadi inspirasi yang bisa memotivasi kader-kader lainya. “ Baik dari sistem administrasi, pelayanan, kerja dan kinerjanya sesuai perkab,” harap Agus Supiandi saat ditemui awak media disela-sela kegiatan penilaian Posyandu.

Disinggung mengenai persiapan lomba tersebut Kepala Desa Sukamulya Wawan Suwandi mengatakan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan para kader posyandu. Jadi ketika diadakan penilaian oleh tim penilai dari kabupaten, semua memang sudah siap. “ Selain itu kami juga selalu memprioritaskan pelayanan terhadap ibu-ibu hamil dan balita,” kata Wawan.

Selain itu, lanjut Wawan, pihaknya sudah mencanangkan anggaran dari DD untuk membangun posyandu di masing-masing wilayah. Sekarang tinggal menunggu masyarakat yang mau menghibahkan tanahnya saja untuk pembangunan posyandu tersebut. “ Jika ada akan kami proses pembangunannya,” aku Wawan.

Sementara, salah seorang tim penilai, Asep Koswara menuturkan, dalam lomba ini yang lebih diprioritaskan adalah posyandu dan kader posyandu yang bisa memotifasi dan bisa membuat inovasi-inovasi baru untuk menunjang kinerjanya. Dari 32 kecamatan yang berhasil kami saring hanya 9 kecamatan saja. Salah satunya adalah Posyandu Tawes ini yang berada di Desa Sukamulya Kecamatan Sukaluyu.

Asep berharap, Posyandu berguna dan memiliki daya guna dilingkungan masyarakat, serta bisa mengikuti jejak-jejak wilayah lain. Seperti Bandung Barat dan Sukabumi. “ Mereka sudah memiliki sistem posyandu secara online, dan mencari inovasi baru yang bisa diterapkan di wilayah desa, kecamatan hingga ke tingkat provinsi,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here