Santriwati yang sedang menimba ilmi di Ponpes Albarukah Somagede Kebumen

Liputan : Yatiman

Kebumen, metropuncaknews.com – Pondok Pesantren Al Barokah Somagede yang beralamat di Desa Somagede RT 02/01 Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, siap mendidik santri  yang berahlak dan berkarakter untuk menyongsong era globalisasi serta kemajuan tekhnologi masa kini.

Pondok Pesantren yang megah ini terbilang tersembunyi. Karena  keberadaannya jauh dari kota ataupun pusat keramaian. Namun santri-aantriwatinya, banyak yang dari luar kota .

Pondok Pesantren Al Barokah ini sudah banyak mencetak orang- orang pitar dan ternama. Salah seorang diantaranya adalah Muhaimin Iskandar.  .

Pondok Pesantren Al Barokah, saat ini di kelola oleh Samzul Anam ,yang lahir di Kota Kebumen pada 05/05/1978 dan bermukim di Somagede sejak 2001.

Di dalam Pondok Pesantren ini terdapat masjid yang di beri nama Masjid Al Barokah. Masjid yang satu ini,  dulu secara simbolis di resmikan Presiden RI ke 4 yaitu KH. Abdurahman Wahid atau yang terkenal dengan sapaan Gusdur.

Menurut Samzul Anam atau yang akrab disapa Mbah Anam, pada tahun 2005 Pondok Pesantren Al Barokah sudah mulai menerima santri putri. Kemudian dilanjutkan pembangunan gedung yang untuk pendidikan informal diberi nama Islamic Center. Di dalamnya banyak sekali pendidikan. Diantaranya MTS Albaroqah, MA Albaroqah, Tahosus Albaroqah, Tahfid Albaroqah dan TPQ Albaroqah.

Dibangunnya Pondok Pesantren Al Barokah tersebut, diharapkan bisa ikut andil dan berpartisipasi di dalam dunia pendidikan. Khususnya bagi warga Somagede dan Kebumen Pada umumnya seluruh warga  Indonesia untuk mengenyam pendidikan Ilmu Agama dengan baik.

“ Hingga kelak mampu menjadi generasi yang berahlaqulkarimah dan menjadi insan yang Kamil, Ngamil dan Ngamal ,” jelas Samsul Anam.

Ada pun jenjang pendidikan di Al Barokah selama 8 tahun. Yaitu 3 tahun MTS, 3 tahun MA dan di tambah 2 tahun Pendidikan Non Formal yaitu Pendidikan  Pondok Pesantren.

Jumlah santrinya saat ini sebanyak 300 santri. Mereka berasal  dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia. Seperti d antaranya dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Riau dan Medan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here