Laporan : Sandi/Dhani

Cianjur, metropuncaknews.com – Sijago merah melalap atap pondok Pesantren Al-Furqon di Kampung Sumursari RT 05/04 Desa Mekarsari Kecamatan Cianjur kota, Jumat (05/03/2021) sekira pukul 12.30 WIB.

Beruntung tidak ada korban jiwa pada peristiwa nahas tersebut. Hanya saja kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

” Tak ada korban jiwa, hanya saja alat-alat pesantren dan barang-barang santri banyak yang terbakar. Sehingga jika totalkan diperkirakan kerugian mencapai Rp. 30 Juta Rupiah,” kata Ustadz Memet pimpinan pondok pesantren saat ditemui di lokasi kejadian, Jumat (05/03/2021).

Ustadz Memed menjelaskan kronologis awalnya, api ditemukan oleh ibu-ibu yang sedang di sawah. Ia berteriak-teriak sambil memukul tiang listrik dan bilang kepada istri sementara saya sedang shalat Jumat.

” Sepulang shalat Jumat, para santri dan warga berusaha memadamkan kobaran api dengan alat seadanya. Karena mobil pemadam kebakaran belum tiba dilokasi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mekarsari Ujang Rohman menambahkan, pihaknya bersama pak camat akan berupaya mencari donatur-donatur untuk membangun kembali pondok pesantren ini. Karena ini merupakan salah satu tempat pencetak sumber daya manusia islami di Desa Mekarsari.

“Ya, supaya para santri ini bisa kembali menuntut ilmu, jadi kami akan terus mengupayakan pembangunan ponpes ini kembali,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here