Pondasi Gedung SDN Cibaregbeg 2 Menggantung Dan Rawan Roboh, Namun Luput Dari Perhatian Pemerintah

0
92

Laporan : Taufik Winata

Editor : Yanto Hidayat

CIANJUR, Metropuncaknews.com – Kondisi gedung SD Negeri Cibaregbeg 2 sepintas terlihat normal layaknya sekolah lainnya.

Namun siapa sangka, ada kerusakan parah yang terabaikan selama kurang lebih tujuh tahun, dan sewaktu waktu dapat mengancam jiwa para siswa, namun seolah olah Disdikpora menutup mata hal tersebut.

Terlihat ujung bangunan salah satu gedung menganga dan pondasi bangunan pun menggantung akibat dari dampak gempa yang terjadi pada tahun 2015 silam, yang menggerus sisi pondasi Tembok Penahan Tanah(TPT) hingga jebol.

” Kerusakan berawal saat gempa yang terjadi pada tahun 2015,” ungkap salah satu guru.

Pihak sekolah mengaku telah berupaya mengirimkan proposal bantuan ke Disdikpora kabupaten Cianjur mengingat selain sangat membutuhkan ruang belajar juga khawatir jika terjadi hal yang tidak di inginkan, namun sampai berita ini dimuat belum ada jawaban.

” Kami pihak sekolah sudah melayangkan proposal ke pihak dinas namun tidak pernah ada jawaban ataupun di tinjau,” masih kata guru yang sama.

Ditempat yang sama, Plt kepala SD Negeri Cibaregbeg 2, Siti Mardiyah,S.Pd membenarkan hal tersebut,

” Kami sudah cek bangunan yang rusak sudah tercatat di dapodik, dan menurut para guru pihak sekolah sudah pernah ajukan proposal bantuan renovasi sekolah,” tegasnya.

Siti berharap adanya perhatian dari pemerintah dalam hal ini Disdikpora kabupaten Cianjur, untuk segera berikan bantuan untuk memperbaiki bangunan yang rusak agar kegiatan belajar mengajar tidak terganggu dan siswa bisa lebih fokus dalam belajar.

” Semoga secepatnya pak bisa diperhatikan pemerintah, kasihan siswa belajar di lantai dan berdesakan karena kurangnya ruang kelas serta fasilitas bangku sekolah yang terbatas,” harapnya.

” Siswa tidak bisa belajar dengan fokus karena tidak nyaman duduk dilantai,” tandasnya.

Untuk diketahui Siti Mardiyah,S.Pd, belum genap dua bulan, menjabat sebagai Plt kepala sekolah di SD negeri Cibaregbeg 2 dan jabatannya merangkap sebagai kepala SD Negeri Cisalak.

Pantauan di lapangan, Selasa,27/09/2022, kondisi kegiatan belajar mengajar (KBM) cukup terganggu, pasalnya siswa terpaksa belajar dengan harus berdesakkan, normalnya jumlah siswa dalam satu kelas berjumlah 28 siswa, namun yang terjadi di SD negeri Cibaregbeg 2 satu kelas mencapai 50-65 siswa, mirisnya lagi sampai ada siswa duduk dilantai, karena tidak kebagian bangku dan meja untuk belajar.

SD Negeri Cibaregbeg 2 didirikan pada tahun 1961, berdiri di atas tanah seluas 1500 M2, berlokasi di desa Cibaregbeg, kecamatan Cibeber, Cianjur Jawa Barat, memiliki siswa sebanyak 326 siswa, dan 8 tenaga pengajar, tersedia 9 ruang kelas, 3 diantaranya tidak dapat di gunakan karena rusak parah dan sedang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here