Kapolsek Panyileukan Kom Pol Sudewo, SH

Laporan : Yatiman

Bandung, metropuncaknews.com – Jajaran petugas kepolisian di Polsek Panyileukan menegaskan, pihak akan tetap konsisten memerangi Minuman Keras (Miras) dan Narkotika. Selanjutnya untuk ketenangan Umat Muslim saat menjalankan ibadah puasa, pihaknya akan merazia petasan dan terus melakukan patroli secara berkesinambungan.

Hal tersebut, dikatakan Kapolsek Panyilekan Kompol Sudewo, SH saat bincang-bincang dengan metropunca di ruangankerjanya, Selasa (15/05) kemarin.

Lebih lanjut Sudewo mengatakan, untuk kegiatan di bulan Ramadhan  berbagai kegiatan telah diagendakan. Diantaranya, Taraweh Keliling (Tarling) dengan Muspika dan kepala desa. Pada kegiatan Tarling itu, pihaknya akan memberikan imbauan tentang kamtibmas. Selain itu juga dengan Camat melakukan sosialisasi tentang pentingnya tertib Adminitrasi Kependudukan. Terutama Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Orang nomor satu di Polsek Panyileukan ini, terbilang orang yang cukup makan asam garam di kepolisian. Kariernya dirintis dari bawah. Sudewo pernah menjabat sebagai Wakapolsek Babakan Ciparay, Kapolsek Cinambo, Cianjur dan wilayah tugas lainnya di wilayah hukum Polda Jabar.

Pada anggotanya, Sudewo menerapkan pola lima waktu. Yaitu  pergelaran pagi,  anggota polisi akan di tempatkan di ruas jalan untuk memberikan dan memaksimalkan pelayanan mengurai kemacetan. Hadir di tengah tengah masyarakat dan di siang hari polisi ada memberikan pelayanan dengan 3 S. Yaitu, Salam, Senyum dan Sapa. Sore hari, anggota polisi ada bersama masarakat untuk mencegah kriminalitas dan  patroli di jam jam kecil di waktu malam hari sampai pagi.

Terkait Kamtibmas, dan C 3 (Curas, Curat dan Curanmor), pihaknya meningkatkan patroli di tempat-tempat rawan serta mengimbau pada masyarakat untuk selalu waspada .

” Jajaran polsek merupakan yang terdepan dalam memberikan pelayanan ke masarakat, karena itu, layani masyarakat dengan baik, untuk itu kami harus menjalankan Salam, Senyum dan Sapa ke masyarakat,” jelas Sudewo.

Lebih lanjut Sudewo mengatakan, saat ini seluruh Polsek di Indonesia  tengah memberlakukan Siaga 1. Hal itu dilakukan untuk menghadapi situasi dan untuk antisipasi.  Anggota SPKAT  Reskrim dan patroli dilengkapi rompi anti peluru. Rompi ini dipakai untuk tugas malam dan jam tertentu.

Selain itu jugaa selalu berhati-hati dalam tugas. Demikian juga yang di mako bertugas dab melayani masyarakat secara persuasif. Kewaspadaan di lapangan harus di tingkatkan serta saat dalam tugas harus berdua untuk bisa saling menjaga dan mengawasi.

Kemudian melakukan tindakan Preventiv. Yaitu dengan memberikan imbauan ke masyarakat dan reprensif. Bagi anggota  Serse, harus melakukan tindakan sesuai prosedur dan sesuai dengan tugas dan fungsinya (Tupoksi). “ Karena tugas kami melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, Untuk itu, polisi harus update dan selalu antisipasi terhadap kejadian yang terjadi di masyarakat,” kata Sudewo.

Terkait pengamanan Pilkada, tugas polisi itu mengawal dan mengamankan tahapan demi tahapan Pilkada, Pilgub, Pilbup serta Pilwakot . Untuk itu, sosialisasi terus dilakukan agar Pilkada berjalan dengan aman dan lancar.

“ Seluruh kegiatan kita monitor dan setiap polsek wajib mengawal dan mengamankannya. Kiranya perlu kami tegaskan, Polri netral,  tidak memihak salah satu calon,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here