Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Pelaksanaan Natal bagi umat Kristiani dan menjelang Tahun Baru 2020, arus lalu lintas di Jalan Raya  Cianjur-Bandung, tepatnya di Jalan Raya Ciranjang, selalu dipadati kendaraan. Terutama pada waktu pagi dan sore hari.

Karena itu, jajaran petugas dari Polsek yang dibantu Koramil Ciranjang, Polantas, Sabara dan anggota Kodim  0608 Cianjur, turun ke jalan untuk mengamankan arus lalin. Selain itu, untuk kesiapan para petugas mendirikan Pos Pam XI. Pos tersebut berada di pinggir Jalan Raya Ciranjang.

Padal II Pos Pam XI Ciranjang, Ipda Abdul Mukhit menjelaskan, tugas pengaman Natal dan menjelang Tahun Baru 2020, dimulai dari Senin (23/12). Baik mulai penjagaan keamanan disetiap gereja yang ada di Kecamatan Ciranjang maupun dalam melaksanakan tugas mengurai arus lalu lintas di jalan raya.

Adapun gereja yang ada di Kecamatan Ciranjang, yakni sebanyak 15 gereja. Gereja tersebut berada di Desa Sindangjaya, Kertajaya, Sindangsari dan di Desa Ciranjang. Seluruhnya pada pelaksanaan Natal dijaga anggota Polsek sebanyak 2 orang, anggota Koramil 2 orang, Babinmas, Babinsa dan anggota  Linmas  dari desa setempat.

Sedangkan  yang bertugas untuk mengamankan arus lalu lintas jalan raya, petugas menurunkan seluruh anggota Polsek Ciranjang. Bila terjadi kemacetan atau  kepadatan arus lalu lintas, maka petugas memberlakukan sistem jalur buka tutup (One Way)  dan menurunkan personil dari Polres Cianjur, Polisi Lalu Lintas dan Sabara.

Berkat kesigapan petugas, pada Rabu (25/12), arus lalu lintas jalan raya Ciranjang terpantau tertib, aman dan lancar. Namun biasanya menjelang hari pergantian tahun baru. arus lalu lintas jalan raya Ciranjang selalu dipadati kendaraan roda dua. Mereka adalah para  kaula muda yang hendak pergi liburan menuju kawasan Puncak Cipanas Cianjur.

Sementara itu, salah seorang anggota Koramil Ciranjang, Sertu Rajudin mengatakan, pada pelaksanaan Natal dan menjelang pergantian tahun baru 2020, seluruh anggota Koramil Ciranjang diturunkan ke lapangan. Maksudnya untuk membantu pihak kepolisian dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan di sekitar gereja dan di jalan raya Ciranjang.

Saat Natal berlangsung, seluruh anggota TNI yang bertugas di Koramil Ciranjang dan anggota dari Kodim 0608 Cianjur, ditugaskan 2 orang di setiap gereja yang ada di Kecamatan Ciranjang. Selain itu, seluruh anggota Koramil dikutsertakan menjaga dan mengamankan arus lu lintas jalan raya Ciranjang yang tiap hari dilakukan secara bergiliran ngepos di Pos Pam XI Ciranjang.

“ Dengan adanya itu semoga saat pelaksanaan  Natal dan menjelang pergantian tahun baru terlaksana dengan  aman, tertib dan lancar,,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here