Laporan : Nana Cakrana

Purwakarta, metropuncaknews.com – Dengan mengedepankan sikap humanis dan persuasif, Operasi Yustisi Protokol Kesehatan (Prokes) terus dilakukan petugas gabungan TNI-Polri, dan pemerintah untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menggunakan masker.

Seperti yang dilakukan Kepolisian Sektor (Polsek) Cibatu bersama Muspika setempat, gencar menggelar Operasi Yustisi Prokes di tengah masa pandemi Covid-19 hingga ke pelosok-pelosok desa di wilayah tersebut.

Kapolres Purwakarta, AKBP Ali Wardana melalui Kapolsek Cibatu, AKP Ali Murtadho mengatakan, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pihaknya terus berupaya  menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Selain itu, terus memberikan edukasi pada masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan.

” Kegiatan operasi yustisi Prokes ini digelar dalam rangka mendisiplinkan dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya Prokes. Dalam kegiatan ini kami lakukan secara mobile ke tiap-tiap desa di wilayah Kecamatan Cibatu,” terang Ali Murtadho, Jumat (6/11).

Melalui operasi yustisi ini, sambung Ali, pihaknya terus mengedukasi warga agar menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. ” Target operasi ini memberikan sangsi teguran pada pengemudi dan penumpang serta masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan yang tanpa menggunakan masker,” paparnya.

Operasi yustisi ini, lanjut dia, bertujuan melindungi masyarakat agar tidak terpapar virus corona. Jadi, kalau ada warga yang melanggar protokol kesehatan diberi sanksi. Hal itu bukanlah hukuman namun lebih mengarah sebagai efek jera dan pengingat bagi pelanggar agar sadar akan pentingnya penerapan protokol kesehatan.

” Operasi Yustisi ini digelar bersama-sama dengan unsur Muspika Cibatu. Baik itu unsur TNI-Polri, Satpol PP, dan Pemerintah Kecamatan Cibatu,” imbuhnya.

Pada awalnya, sambung dia, banyak warga yang abai terkait penerapan protokol kesehatan. Namun, seiring dengan masifnya imbauan maupun sosialisasi yang dilakukan jajaran Polsek Cibatu, perlahan tingkat kesadaran warga pun mulai meningkat.

 Dalam Operasi Yustisi kali ini, ada sebanyak 36 pelanggar dengan 9 teguran. Selain itu, Polsek Cibatu juga membagikan ratusan masker untuk masyarakat di wilayah Kecamatan Cibatu.

“ Saya ingin menyampaikan bahwa operasi yustisi terkait dengan penggunaan masker. Kenapa masker? Karena ini yang paling penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kita akan tegas dan humanis dalam operasi yustisi ini,” ungkap Ali.

Maka dengan dilaksanakannya operasi yustisi ini, Ali berharap warga semakin disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Terutama 3M dan 1T. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tidak berkerumun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here