Kasat Binmas Polrestabes Bandung saat memberikan pencerahan pada anggota Siskamling

Laporan : Yatiman .

Bandung, metropuncaknews.com – Untuk terus menjaga suasana yang aman, damai dan sejuk, terutama menjelang Pileg dan Pilpres Tahun 2019 yang kampanyenya sudah mulai berjalan di Kota Bandung.

Selanjutnya untuk merangsang masyarakat meningkatkan dan menjaga keamanan serta ketertiban di wilayanya masing-masing, Polrestabes Bandung menggelar Lomba Siskamling Senin 3 Desember 2018.

Menurut Kasat Binmas Polrestabes kegiatan tersebut bertujuan untuk  menumbuhkan kembangkan kembali pos-pos kamling yang hampir punah di Kota Bandung. Selain itu juga dalam rangka menjaga  Harkamtibmas dan merangsang kembali adanya sistim keamanan di tempat-tempat atau lingkungan yang ada di masyarakat. Sekaligus untuk membantu tugas tugas kepolisian  yang terbatas di Kota Bandung. Karena di Kota Bandung saat ini jumlah kepolisian hanya 3.500(tiga ribu lima ratus)personil. Sementara jumlah masyarakat Kota Bandung saat ini 2.500.000 (dua juta lima ratus)orang. Sehingga rasio Police nya terlalu jauh. Untuk itu,  Polisi meminta bantuan ke masyarakat agar sama-sama menjaga keamanan yang ada di lingkungan masing-masing melalui Siskamling.

Diharapkan, dengan adanya siskamling ini, mampu menjadi tempat penanganan perkara pertama bila ada kejadian kejadian kriminalitas, kebakaran serta menolong orang sakit. Karena itu, Poskamling  harus melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Untuk itu, lanjut Kasat Binmas, tiga pilar harus berperan aktif dalam rangka sebagai pembina. Yaitu, Babinsa, Babinkamtibmas dan Lurah yang berfungsi sebagai Pembina Poskamling dan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM).

Maka dengan demikian, apabila di masyarakat ada permasalahan- permasalahan kecil yang perlu diselesaikan dapat diselesaikan di tingkt bawah. Sehingga permasalahan kecil tidak melebar menjadi besar. Saat itulah FKPM dan tokoh tokoh masyarakat dapat berperan untuk menyelesaikan masalah yang kecil. “ Hingga minimal konflik- konflik itu bisa tereleminir dan diperkecil dengan adanya tiga pilar, FKPM serta tokoh tokoh masyarakat,” kata Kasat menambahkan.

Selanjutnya Kasat Binmas Polrestabes Bandung AKBP S.Hermansyah,SH, MM memimpin Tim Penilaian Lomba Siskamling. Tim Penilaian Kegiatan Lomba Siskamling menjadi 3(tiga)Tim. Karena Polsek yang ada dalam wilayah Polrestabes Bandung ada 28 (dua puluh delapan.

Jadi untuk Tim 1( satu)atau Tim Utama dipimpin langsung  Kasatbinmas didampingi AKP Ben Ben dan anggota Binmas lainnya. Tim ini mengunjungi Polsek Sukasari dengan lokasi Pos kamling di Kantor Serbaguna RW.04 Kel.Isola Kec Suksari yang masuk ke dalam wilayah Polsek Sukasari dan Poskamling RW.02 Kel.Sukabungah Kec Sukajadi .

Sementara Tim ke 2( dua)dipimpin Wakabinmas Kompol Mulyaningsih, SH meninjau Kampung Pos Kamling RW.07 Jln .Cisitu Cimbeuleuit Kel.Ciumbeuleuit Kec Cidadap dan Tim ke 3 (tiga)yang terdiri dari Iptu Ujang dan anggota meninjau lokasi Polsek Ujung Berung Polmas Kampung Sekeburui RW.06 Kel.Pasirwangi Kec Ujung Berung。

Menurut Kasat Binmas,semua tim dan anggotanya sudah dibekali pemahaman dan kualifikasi penilaian. Sesuai prosedur dan sesuai dengan yang dikehendaki Mabes Polri tentang kelengkapan Pos Kamling, peranserta awak pos kamling dan sejauh mana kepekaan anggota pos kamling dalam menjaga kamtibmas. Karena semua sudah diatur tentang tata cara penilaiannya sama. Karena point-pointnya sudah ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here