Anggota Polresta Bogor membantu membersihkan puing-puing yang hancur akibat angin puting beliung

Laporan : Yatiman

Bogor, metropuncaknews.com – Hujan lebat disertai angin puting beliung terjadi di wilayah hukum Polresta Bogor Kota, Kamis (07/12). Kejadian tersebut mengakibatkan kerusakan dan korban jiwa di dua kecamatan. Yakni di Kecamatan Bogor Selatan dan Bogor Timur. Satu orang meninggal dunia, 20 (dua puluh ) pohon tumbang, 5 (lima) kendaraan rusak tertimpa pohon, 848 (delapan ratus empat puluh delapan) rumah warga rusak berat dan ringan, dengan rincian korban sebagai berikut.

Dari Kecamatan Bogor Selatan satu orang meninggal dunia a.n. Enny Reno (46), ibu rumah tangga, warga Cluster Bukit Nirwana I Jl. Bukit Nirwana Raya 1 Rt 003/012 Kel. Mulyaharja Kec. Bogor Selatan Kota Bogor. Korban meninggal akibat pohon yang tumbang  menimpa kendaraan yang ditumpangi korban.

Akibat peristiwa bencana angin puting beliung terdapat 5 (lima) kendaraan yang tertimpa pohon tumbang. Yaitu, 1 Unit Toyota Avanza F-1618-EY Warna Silver, 1 Unit Daihatsu Ayla F-1577-RJ Warna Hitam, 1 Unit Angkot Trayek-14 no.pol. F-1909-AZ, 1 Unit Angkot Trayek-02 no.pol. F-1932-AF dan 1 Unit Daihatsu Zebra warna Merah F-1371-CH.

Ada pun 20 (dua puluh) pohon tumbang akibat angin puting beliung yakni 10 (sepuluh)  pohon di Kelurahan. Lawang Gintung, 7 (tujuh) Pohon di Kelurahan Cipaku dan 3 pohon di Kelurahan Batu Tulis.

Kerusakan akibat bencana alam angin puting beliung, 770 (tujuh ratus tujuh puluh) rumah rusak berat dan ringan. Yaitu, 160 (seratus enam puluh) rumah di Kelurahan Batu Tulis. 300 (tiga ratus) rumah di Kelurahan Pamoyanan. 225 (dua ratus duapuluh lima) rumah di Kelurahan Cipaku dan 85   (delapan puluh lima) rumah di Kelurahan Lawang Gintung.

Sementara di Kecamatan Bogor Timur kerusakan rumah terjadi di Kecamatan Bogor Timur. Kerusakan akibat putting beliung yaitu sekitar 78 (tujuh puluh delapan)  rumah rusak berat dan ringan. Diantaranya 44 (empat puluh empat) rumah di Kelurahan Baranangsiang dan 34 (tigapuluh empat) rumah di Kelurahan Sukasari.

Akibat dari kejadian tersebut, langkah-langkah yang diambil pihak Kepolisian di Wilayah Hukum Bogor Kota adalah, melakukan evakuasi korban meninggal dunia dan korban luka ke Rumah Sakit. Melakukan rekayasa jalur lalu lintas. Mendata rumah warga yang rusak akibat bencana tersebut. Mengevakuasi kendaraan R-4 yang mengalami kerusakan karena tertimpa poho tumbang.

Membersihkan pohon – pohon tumbang maupun material bangunan yang menghalangi atau menutup jalan. Mendirikan tenda peleton untuk tempat sementara bagi pengungsi/korban yang rumahnya rusak terkena puting beliung. Selanjutnya berkordinasi dengan Pemkot dan BPBD Kota Bogor untuk penanganan korban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here